Wanita Sebagai Rahim Peradaban, Jika Shalihah, Shalihah Pula Peradaban yang Dilahirkan

Prime Banner

ApakabarOnline.com – Rumah tangga muslim adalah pondasi dasar dari sebuah peradaban. Untuk membangun sebuah peradaban yang kokoh dan megah, maka diperlukan bangunan pondasi rumah tangga yang ideal.

Inilah yang hari ini tidak banyak disadari oleh kaum muslimin. Mereka berumah tangga, melahirkan anak-anaknya hanya untuk kepentingan kebahagiaan pribadi-pribadi saja, tidak terpikirkan oleh mereka bahwa tujuan berumah tangga itu adalah untuk tegaknya sebuah peradaban Islam yang gemilang.

Bagi mereka yang merindukan bangunan rumah tangga muslim yang baik, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih calon istri. Ya, seorang istri muslimah yang sholihah, jika tidak maka rumah tangga muslim akan menjadi rumah tangga yang rapuh tidak mempunyai kekuatan apa-apa.

Bahan baku pondasi yang kuat itu adalah wanita yang solehah. Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Daruquthni dari Aisyah radhiyallahu anha berkata bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

Pilihlah tempat untuk menyimpan nutfah (air mani) kalian itu, rahim-rahim wanita yang Sholihah”.

Dalam Matan hadis yang lain disebutkan bahwa: “Pilihlah rahim rahim wanita sholihah untuk nutfah (air mani) kalian karena sesungguhnya karakter bawaan seorang ibu itu akan diturunkan kepada anaknya”.

Imam Al Mawardi mengatakan bahwa: memilih seorang istri yang sholihah itu adalah kewajiban yang pertama seorang ayah terhadap anaknya sebagaimana kalimat Umar Bin Khaththab:

Kewajiban seorang ayah yang pertama kali terhadap anaknya adalah memilihkan seorang ibu untuknya. Pilihlah seorang wanita yang Sholihah yang suci yang cerdas yang akhlaknya baik yang bisa mengurus urusannya. Dan yang kelak ia akan taat kepada suaminya”.

Asbabun nuzul dari firman Allah:

Dan orang-orang yang menimbun hartanya,emas dan perak nya dan tidak menginfakkannya di jalan Allah berikanlah kabar gembira dengan siksa yang pedih”. (QS. At Taubah ayat 34)

Berkata Tsauban: Kami sedang bersama Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa Sallam dalam suatu perjalanan, maka turunlah ayat diatas kemudian sebagian sahabat berkata: “Andai saja kami mengetahui ada harta benda yang lebih berharga dari emas dan perak maka kami akan berusaha untuk mendapatkannya.”

Kemudian Rasulullah bersabda:

Sebaik-baik harta itu adalah lisan yang selalu berdzikir, hati yang selalu bersyukur dan seorang istri sholihah yang membantu menguatkan keimanan suaminya.” (HR. Tirmidzi).

Umar Bin Khaththab berkata:

Mau tidak kuberitahukan kepadamu tentang harta paling mahal yang dimiliki oleh seorang suami? dialah seorang wanita yang Sholihah. Yang Jika suami memandangnya maka dia akan menggembirakannya dan jika suami memerintahkan sesuatu dia mentaatinya, dan jika suami sedang tidak ada maka dia menjaga suaminya dan hartanya.” (HR.Abu Dawud).

Salafushsholeh berkata: Orang Persia itu menikah dikarenakan harta, orang Romawi menikah dikarenakan keelokan rupanya, orang-orang Arab jahiliyah menikah dikarenakan kemuliaan nasabahnya, sedangkan seorang muslim menikah dikarenakan agamanya.

Rasulullah SAW bersabda:

Nikahilah perempuan-perempuan yang subur yang kelak banyak melahirkan anak dan perempuan-perempuan yang rasa cinta sangat besar kepadamu, sesungguhnya kelak pada hari kiamat aku membanggakan kalian di hadapan umat-umat yang lain.” (Ibnu Hibban dalam Shahih al-jami’ ).

Wahai para pria, Nikahilah wanita sholihah, karena ia adalah rahim peradaban Islam nan mulia.

Penulis : Ustadz Maman Surahman, Lc. M.Ag

You may also like...