June 16, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Waspada, Gigi Berlobang Bisa Akibatkan Kanker Mulut

2 min read

JAKARTA – Permasalahan gigi sering diremehkan banyak orang. Salah satunya gigi berlubang. Jika tidak merasakan sakit yang serius, biasanya orang lebih memilih mengabaikannya. Namun apakah gigi berlubang bisa menyebabkan kanker?

Dokter gigi dari Klinik Fonaselab Medical Kendari, Viviet Wulandari menjelaskan bahwa pada umumnya, gejala kanker mulut sangat sulit untuk dideteksi. Jika kebersihan mulut tidak terjaga, maka sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi akan mengalami pembusukan dan mengakibatkan gigi berlubang.

“Awalnya gigi berlubang, makin lama makin habis meninggalkan sisa akar saja, sisa akar dalam gusi ini yang menyebabkan infeksi dan menyebar. Jika tidak melakukan pemeriksaan maka akan terjadi pembengkakan lalu terjadi tumor dan berkembang menjadi kanker,” kata Viviet.

Viviet menambahkan, kerusakan pada gigi dapat memberikan kesan kasar dan tajam, sehingga dapat melukai bagian dalam pipi dan lidah. Iritasi dari gesekan permukaan gigi yang tajam secara terus menerus dapat memicu terjadinya luka dan berpotensi berkembang menjadi kanker mulut.

Salah satu pasien Viviet Wulandari, Dian mengatakan, awalnya dia mengeluhkan sariawan di bagian lidah yang tidak kunjung sembuh selama lebih dari dua minggu. Setelah dilakukan pemeriksaan, sariawan tersebut dicurigai mengarah ke penyakit mulut yang cukup serius. Ia kemudian dirujuk ke dokter gigi spesialis penyakit mulut untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Beberapa tanda yang perlu diperhatikan menurut Viviet di antaranya adalah sariawan yang tak kunjung sembuh, adanya pembengkakan di sekitar rongga mulut yang semakin membesar, terdapat bercak putih atau merah di bagian dalam mulut.

Viviet menyampaikan jika tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut, tentunya bisa mengalami beberapa penyakit seperti erosi gigi, gingivitis, glositis, tumor mulut serta kanker mulut.

“Tentunya bisa dilakukan pencegahan dengan membiasakan hidup sehat seperti rajin gosok gigi setelah sarapan dan sebelum tidur, tidak merokok dan tidak minum alkohol serta rutin setiap 6 bulan sekali pemeriksaan gigi,” tutupnya. []

Advertisement
Advertisement