July 21, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Waspada, Moon Cake Palsu Siap Banjiri Hong Kong

1 min read

HONG KONG – Sebuah temuan mengejutkan dirilis oleh kepolisian Longgang Shenzhen. Ribuan kardus moon cake siap kirim ditemukan petugas dalam sebuah operasi produk bajakan (copy branded). Razia ini merupakan pengembangan dari laporan seorang pengusaha makanan di Hong Kong yang mencurigai adanya pemalsuan merk-merk moon cake ternama. Pelapor menyebutkan, peredaran moon cake bajakan ini diduga melalui jaringan pasar online.

Melihat gambaran yang ditayangkan oleh CC TV Hong Kong pada Sabtu (23/09) malam, dari kemasannya, sulit sekali membedakan mana moon cake asli dan mana moon cake bajakan. Keduanya memiliki kemiripan kemasan. Sama-sama berlabelkan “made in Hong Kong”.

Data Dipalsukan, Jenazah Mantan PMI Ini Terlantar

Dalam  sepekan Polisi melakukan operasinya, telah berhasil diamankan puluhan ribu Moon Cake siap kirim yang disita dari dua buah gudang di kawasan Shenzhen. Diantara beberapa merk moon cake ternama yang populer di kalangan masyarakat Hong Kong yang dibajak antaranya Maxim, Qihua, Ronghua dan beberapa merk lainnya.

Melalui jaringan pemasaran online, beberapa Moon Cake ini dijual dengan harga dibawah pasaran. Penawaran menarik untuk kuota pembelian dalam jumlah tertentu membuat produk bajakan ini laris dipesan puluhan ribu orang.

Polisi masih terus melakukan pengembangan jaringan ini. 7 orang tersangka telah diamankan. Penelitian terkait keamanan mengkonsumsi Moon Cake bajakan masih sedang dilakukan. Termasuk meneliti keamanan bahan baku pembuatannya. [Asa/On TV]

Advertisement
Advertisement