December 2, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

[WISATA RELIGI] Perjalanan Islam di Hong Kong

3 min read
Prime Banner

HONG KONG – Hong Kong yang banyak kita kenal lewat film dan brosur pariwisata memang terkenal dengan gedung-gedungnya yang tinggi, makanan yang bikin ngiler, serta kota yang sibuk dan susah tidur. Tidak hanya itu, Hong Kong juga salah satu negara yang memiliki perhatian khusus kepada kaum muslim. Salah satu satu cara yang dilakukan oleh, Dewan Pariwisata Hongkong – Hong Kong Tourism Board (HKTB), dengan menyelenggarakan seminar perdagangan untuk mengedukasi mitra dagang dan industri seperti hotel dan destinasi wisata agar lebih ramah Muslim.

Tak hanya itu, berbagai atraksi di Hong Kong juga perlahan mulai menyediakan fasilitas ramah muslim. Disneyland Hong Kong merupakan salah satu Disneyland yang sangat ramah muslim dengan menjadi satu-satunya Disneyland di dunia yang memiliki restoran bersertifikasi halal. Tak hanya itu, Ocean Park yang juga merupakan salah satu theme park kebanggan Hong Kong, juga memiliki restoran bersertifikat halal. Kedua theme park tadi, berikut Sky100, sudah menyediakan mushola untuk para turis muslim.

Sebagai salah satu negara yang mengedepankan pariwisata, tentunya berbenah di sisi fasilitas saja tidak cukup. Kuliner merupakan salah satu daya tarik Hong Kong, yang akan membuat Anda selalu teringat akan momen menikmati kuliner khas Hong Kong. Saat ini, ada lebih dari 70 restoran bersertifikat Halal di Hong Kong, jadi Anda tidak perlu mengenai soal makanan menjelajahi Hong Kong. Anda bisa menikmati mulai dari dim sum autentik, aneka kudapan lokal nan lezat dan hidangan penutup mulut yang enak dan pastinya halal!

Melalui laman Jelajah Muslim yang disusun oleh HKTB, jika menyukai Dim Sum, maka bergegaslah ke daerah CauseWay Bay, di mana Anda bisa mendapatkan versi halal di Islamic Centre Canteen. Tempat ini dapat dicapai dengan berjalan kaki 10 menit dari Causeway Bay MTR Station dan cukup mudah ditemukan, karena terletak di lingkungan masjid. Pilihan menunya sangat beragam mulai dari dimsum kukus hingga goreng.

Sangat direkomendasikan untuk mencicipi Siomay Ayam Kukus dan juga Har Gow (pangsit udang kukus). Sekedar saran, jika Anda datang di sini hanya untuk menikmati dimsum, datanglah sebelum pukul 15.00, karena karena dim sum di sini cepat habis terjual! Kalau Anda kebetulan berada di Causeway Bay menjelang waktu santap malam, cobalah menu santapan malam di Islamic Centre Canteen. Anda pasti tidak akan mengira betapa enaknya hidangan utama masakan Kanton mereka.

Jika berbicara Islam di Hong Kong, maka tidak akan pernah lepas dari Kowloon. Daerah ini memang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu area paling ramah muslim di Hong Kong. Sebagai kaum muslim, Anda akan mendapatkan pengalaman terbaik bagaimana Hong Kong membuat Islam menjadi istimewa. Di Kowloon, bukan hanya perut yang kenyang karena kuliner halalnya, namun juga pikiran akan lebih tenang karena di kota ini, semua kebutuhan agama Anda akan terpenuhi. Kowloon telah menjadi pusat perdagangan sejak lama. Ada banyak pusat perbelanjaan, restoran, serta butik fashion.

Di kota ini terdapat 9 masjid, termasuk Masjid Kowloon Islamic Center, yang merupakan masjid terbesar di Hong Kong. Seluruh bangunan masjid memiliki pendingin ruangan dan masjid ini merupakan simbol ikonik di Hong Kong yang bisa menampung hingga 3.500 jamaah. Masjid ini mewakili sejarah komunitas Muslim setempat. Imam besar di Hong Kong, Mufti Muhammad Arshad, juga sudah mengabdi sebagai Imam dan Khatib di masjid ini sejak 2001.

Salah satu tempat bersantap makanan halal paling populer di Kowloon adalah Ma’s Restaurant, yang menyajikan kuliner masakan Tionghoa autentik yang halal. Rekomendasi kami, cobalah ikan asam manis dan Chili Beef mereka. Bagi penggemar telur asin, wajib mencoba udang saus telur asin yang menjadi salah satu menu wajib di dalam buku menu mereka yang setebal sembilan belas (19) halaman.

Dengan 4,1% warga Hong Kong yang beragama Islam dan menggalakkan pariwisata ramah Muslim, pemerintah Hong Kong telah menyediakan fasilitas mushola di atraksi-atraksi utama dan juga di bandara Hong Kong International Airport (HKIA). Hong Kong telah lama menjadi tempat meleburnya budaya dari berbagai suku dan agama, seluruh penduduk Hong Kong sangat merangkul keberagaman yang ada. Untuk informasi terbaru yang lebih lengkap tentang pariwisata ramah muslim di Hong Kong, Anda bisa cari tahu di sini.

Sumber Tirto ID

 

This slideshow requires JavaScript.

 

Advertisement