April 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Yance Kase, PMI Ke-56 Asal NTT yang Meninggal Dunia di Tahun 2023

2 min read

JAKARTA – Jenazah pekerja migran non-prosedural bernama Yance Kase (57) asal Desa Oinlasi, Kecamatan Amanatun Selatan, Timor Tengah Selatan tiba di Bandara El Tari, Kota Kupang, Kamis 25 Mei 2023.

Jenazah Yance Kase menjadi urutan ke-56 pekerja migran asal NTT yang meninggal dunia di Malaysia yang telah merantau selama 20 tahun.

Saat tiba di Bandara El Tari, jenazah Yance Kase dijemput oleh perwakilan keluarganya, Pdt. Ribka Missa bersama beberapa anak almarhum yang merantau di Kupang.

Ketika Jenazah Yance Kase dipindahkan dari Kargo Bandara ke dalam mobil jenazah, langsung disambut isak tangis dari anak-anaknya karena merasa kehilangan.

Mengutip Pos Kupang, Pdt. Ribka Missa selaku saudara Sepupu Kandung dari Yance Kase, mengaku selama 20 tahun merantau, Yance hanya satu kali pulang ke kampung halamannya.

“Dia hanya pulang satu kali selama merantau sekitar Tahun 2015, dan setelah itu belum pernah pulang,” ungkap Ribka.

Terkait Jenazah Yance Kase, lanjut Ribka, sudah memiliki lima orang anak, tiga diantaranya sudah bekerja di Kupang, sedangkan dua anak lainnya masih kecil dan tinggal di kampung bersama suaminya.

Ribka mengaku sangat kaget saat mendengar kabar kematian Yance Kase, sehingga memutuskan bersama beberapa saudara untuk datang ke Kupang agar menjemput jenazahnya ke kampung halaman.

Petugas BP3MI NTT, Steven mengatakan bahwa Yance Kase diketahui meninggal dunia pada tanggal 22 Mei 2023 pukul 08.40 waktu setempat.

Steven menambahkan penyebab kematian Yance Kase berdasarkan keterangan dari KBRI Kuala Lumpur tercatat mengalami Kanker, Kencing Manis, dan Darah Tinggi, serta pihak keluarga menolak otopsi.

Pihaknya meminta kepada masyarakat yang berkeinginan untuk bekerja di luar negeri agar mengurus prosedur yang resmi agar lebih mudah dalam pengawasan pemerintah sekaligus menjamin hak pekerja migran. []

Advertisement
Advertisement