June 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Zikir yang Bisa Membersihkan Dosa Meski Sebanyak Buih di Lautan

3 min read

JAKARTA – Sebagai manusia, kita tentu tidak luput dari dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar. Karena itu, kita harus selalu memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena hanya Dia Sang Penolong dan Pengampun.

Allah Maha pengampun dan menerima taubat dari para makhluk-Nya. Sebesar apapun kesalahan yang pernah dibuat selama di dunia, bila kita memohon ampun, insyaAllah akan diampuni. Memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dilakukan melalui berbagai amalan, salah satunya berzikir.

Ada beberapa zikir penghapus dosa yang penting untuk diketahui dan diamalkan.

 

  1. Istighfar

“Astaghfirullahal ‘adzim alladzi laa ilaha illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu ilaih.

Artinya: Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tidak ada Tuhan yang berhak disembah, selain Dia Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-nya.

Istighfar ini merupakan amalan penghapus dosa. Bahkan dosa yang jumlahnya tak terhitung sekalipun, Allah ampuni dengan mengamalkan istighfar.

Istighfar ini dianjurkan dibaca pada waktu-waktu istimewa, khususnya setelah salat wajib lima waktu.

Melansir Kaltim.tribunnews.com, Imam Ibnu Sunni di dalam Kitab Amalul Yaum Wal Lailah, menyebutkan hadis dari Sayyidina Al Barro’ bin Azib. Rasulullah pernah bersabda: “Siapa beristighfar kepada Allah, memohon ampunan kepada Allah sebanyak tiga kali, setelah selesai salat wajib lima waktu. Lalu dia membaca istighfar, Allah akan mengampuni dosa-dosanya, meskipun dia pernah lari dari medan peperangan.”

Dalam hadis riwayat Imam Ibnu Sunni, bahwa Sayyidina Muadz pernah mendengar Rasulullah bersabda:

Barangsiapa yang membaca sebanyak tiga kali, setelah salat Subuh dan salat Ashar bacaan istighfar ini, maka dihapuskan dosa-dosanya, meskipun dosanya sebanyak buih di lautan.

Dalam hadis yang lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menyebutkan bahwa doa harian ini sebagai pembuka pintu rezeki.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Banyak-banyaklah kalian membaca istighfar maka Allah akan menghilangkan kesempitan dan kesulitannya, mengganti kesedihannya dengan kebahagiaan. Dan akan memberikan rezeki dari jalan yang tak disangka-sangka.”

 

  1. Tahlil

Tahlil adalah ucapan yang sangat dicintai Allah. Sebuah pengakuan akan Keesaan Allah, dan berpasrah akan kehendak Allah, maka ucapkan “la ilaha illallahu” (tiada tuhan selain Allah) sebagai zikir kita sehari-hari.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa mengucapkan ‘La ilaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir‘ seratus kali, akan memperoleh ganjaran sebagaimana membebaskan sepuluh budak, dan seratus kebaikan akan dicatatkan atasnya, dan seratus dosa akan dihapuskan dari catatan amalnya, dan ucapan tadi akan menjadi perisai baginya dari setan pada hari itu hingga malam hari, dan tak ada seorangpun yang bisa mengalahkan amal kebaikannya kecuali orang yang melakukan amal yang lebih baik darinya.” (HR. Bukhari).

 

  1. Tasbih

Kalimat tasbih sangat sering kita ucapkan dalam kehidupan sehari-hari, ternyata memiliki dampak yang luar biasa.

“Subhanallah” yang artinya Maha Suci Allah diucapkan sebagai tasbih. Rasulullah bersabda, “Apakah salah seorang di antara kalian tidak mampu mengusahakan seribu kebajikan setiap hari? Ada di antara sahabat yang hadir bertanya kepada beliau: ‘Bagaimana mungkin ada di antara kita yang mampu mengusahakan seribu kebajikan?’ Beliau bersabda: “Ia bertasbih seratus kali, akan dituliskan baginya pahala seribu kebajikan atau dihapuskan darinya seribu keburukan.” (HR. Muslim).

 

  1. Zikir Setelah Salat

Setelah salat jangan langsung bangkit dari sajadah. Ada zikir setelah salat yang juga menghapus dosa sebanyak buih di lautan. Zikir ini bisa dibaca setelah selesai salat fardhu, dan termasuk salah satu zikir-zikir penghapus dosa yang sangat direkomendasikan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam.

Beliau bersabda, “Barangsiapa mengucapkan tasbih (Subhanallah) di setiap akhir salat sebanyak 33 kali, mengucapkan hamdalah (Alhamdulillah) sebanyak 33 kali, bertakbir (Allahu Akbar) sebanyak 33 kali lalu sebagai penyempurna (bilangan) seratus ia mengucapkan ‘la ilaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir (tiada Tuhan yang berhak disembah dengan haq selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu)’, maka Aku akan mengampuni dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim).

 

  1. Zikir Sebelum Tidur

Zikir yang dianjurkan dibaca sebelum tidur sangat mudah diucapkan, tetapi memiliki dampak yang luar biasa. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Apabila seorang dari kalian menuju kasurnya, dan mengucapkan ‘la ilaha illallah wahdahu la syarikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodir’, subhanallah, walhamdulillah, wa la ilaha illallah wallahu akbar’, maka Allah ampuni dosa-dosanya meski sebanyak buih lautan di dunia ini.” (HR. Ibnu Hibban no. 3414).  []

Advertisement
Advertisement