June 25, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Zong Qinghou, Konglomerat Tailok Berharta Rp. 126 Trilyun yang Pengeluarannya Hanya Rp. 290 Ribu

2 min read
Konglomerat asal Tailok, Zong Qinghou (Foto SCMP)

Konglomerat asal Tailok, Zong Qinghou (Foto SCMP)

Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG – Zong Qinghou (75) adalah salah “crazy rich” di China dengan total kekayaan diperkirakan mencapai Rp126 triliun. Namun, gaya hidupnya sangat sederhana. Harga sepatunya bahkan hanya 30 Yuan atau sekitar Rp66 ribu.

“Harga sepatu kain yang saya pakai sekitar 30 yuan. Sangat nyaman, saya sudah memakainya selama bertahun-tahun,” ujar Zong dilansir Xinhua.

Zong Qinghou adalah pendiri dan CEO Hangzhou Wahaha Group. Bisnisnya menggurita di China, terutama di sektor bisnis minuman kemasan.

Zong memiliki istri bernama Shi Youzhen dan dikaruniai putri bernama Kelly yang punya peranan besar dalam mengembangkan bisnis Wahaha Group. Sayangnya, Zong belum memastikan apakah Kelly akan menjadi suksesornya atau tidak.

Masa kecil Zong Qinghou bisa dibilang tidak mampu. Lahir pada tahun 1945, dia sulit mencari pekerjaan karena hanya lulusan SMA.

Dia akhirnya mulai berbisnis dan keberuntungan membawanya mendirikan bisnis yang dinamakan Wahaha. Lewat bisnis ini, Zong menjual es, minuman bersoda, dan alat tulis.

Kerja keras, insting bisnis dan keuletan Zong akhirnya membuat perusahaan kecil itu tumbuh menjadi bisnis besar. Kini, dia juga memiliki pabrik makanan sehat.

Zong juga termasuk orang yang sangat detil. Dia memastikan pengeluaran memberikan hasil yang maksimal, meskipun itu cuma pembelian sapu.

Dilaporkan oleh The Wichita Eagle, pengeluaran pribadi Zong bahkan hanya sekitar Rp290 ribu per hari. Sangat kecil untuk ukuran orang sekaya dirinya.

Dia tidak suka judi, minuman minuman keras, makan di kantin, atau main golf. Dia memang sering menyumbang, tapi tetap beranggapan bahwa orang miskin harus bekerja keras, bukan cuma mengandalkan sumbangan.

Meski beberapa kali diganjar penghargaan pengusaha terbaik, namun Zong juga pernah dituduh mengemplang pajak hingga Rp664 miliar. []

Advertisement
Advertisement