October 21, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dalam Suasana Pandemi, Begini Informasi Terkini Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1441 Hijriyah di Hong Kong

2 min read
Prime Banner

HONG KONG – Pelaksanaan ibadah bulan Ramadhan dan Hari raya Idul Fitri bagi umat Islam seluruh dunia pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tentu akan menjadi kenangan dan pengalaman tersendiri bagi seluruh umat yang menjalani. Bagaimana tidak, berbagai oenyesuaian terkait dengan pelaksanaan telah dilakukan diseluruh dunia lantaran mempertimbangkan mudharat yang ditimbulkan dibawah Pandemi COVID-19.

Terkait dengan ibadah selama bulan Ramadhan, telah disepakati oleh seluruh jumhur ulama diseluruh dunia beberapa pembatasan dan prosedur ketat sesuai dengan protokol COVID-19 mulai dari meniadakan sholat berjamaah di Masjid (meskipun di banyak tempat tetap melakukan baik dengan mematuhi protokol maupun mengacuhkan protokol COVID-19), meniadakan kegiatan ibadah bersifat sosial (bersama) diluar ibadah Sholat seperti buka puasa bersama, majlis-majlis ceramah dan lain-lain.

Bulan Suci Ramadhan hari ini telah memasuki hari yang ke 23. Besok (17/05/2020) merupakan hari yang ke 24 bulan Suci Ramadhan. Tentu berkaitan dengan pelaksanaan ibadah Idul Fitri telah banyak dibahas di berbagai negara secara lebih intens mulai saat ini. Pun demikian dengan umat Islam warga negara Indonesia baik yang berada di Indonesia maupun yang berada di luar negeri.

Di Hong Kong, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh ApakabarOnline.com, belum ada tanda-tanda akan digelar ibadah Sholat Idul Fitri secara berjamaah dengan melibatkan masa dalam jumlah besar seperti tahun-tahun sebelumnya.

Saat ApakabarOnline.com mengminta keterangan dari KJRI, informasi yang didapatkan, sumber di KJRI menyatakan, kemungkinan tidak akan menggelar pelaksanaan Sholat Idul Fitri tahun 1441 Hijriyah.

“Tunggu informasi resminya ya, mungkin akan kita keluarkan dalam satu sampai dua hari kedepan” terang sumber di KJRI kemarin (15/05/2020).

Sementara itu, Islamic Union of Hong Kong juga belum menyampaikan kepastian terkait dengan pelaksanaan ibadah Sholat Idul Fitri 1441 Hijriyah.

Bahkan, dalam melaksanakan ibadah Sholat Jumat saja, Islamic Union yang berkantor di Masjid Ammar Wanchai melakukan pembatasan dengan ketat. Mulai dari pembatasan hanya memperbolehkan jamaah pria saja hingga pengetatan pembukaan pintu masjid hingga menutupnya usai ibadah Sholat Jumat dilaksanakan.

Membaca dan mengamati perkembangan kasus COVID-19 di Hong kong saat ini, kemungkinan untuk melaksanakan sholat Id berjamaah  dengan melibatkan masa dalam jumlah besar sedikit sekali peluangnya. Wallahu ‘alam bishawab. []

Advertisement