Ditengah Wabah Corona, Gunung Anak Karatau Erupsi, Dentumannya Terdengar Hingga Jakarta

Feature Image Gunung Anak Karatau Erupsi, Dentumannya Terdengar Hingga Jakarta IFoto Istimewa)
Feature Image Gunung Anak Karatau Erupsi, Dentumannya Terdengar Hingga Jakarta IFoto Istimewa)
Prime Banner

BANTEN – Sejak beberapa hari, pengamatan ekstra dilakukan terhadap gunung  Krakatau yang terletak di Selat Sunda. Pasalnya, aktifitas vulkanik yang mengarah ke tanda-tanda akan erupsi, intensitasnya semakin tinggi.

Klimaksnya, Gunung Anak Krakatau di Perairan Selat Sunda antara Banten dan Lampung meletus Jumat malam 10 April 2020. Letusan terjadi terus menerus bahkan hingga hari ini. Letusan besar Gunung Krakatau bahkan terdengar jelas hingga Jakarta.

Dentuman keras terdengar Sabtu dini hari ini sekitar jam 03.00 WIB. Dentuman keras juga terdengar di beberapa wilayah di sekitar Jakarta seperti Pamulang hingga Bogor. Jika dilihat dari jaraknya dengan Pamulang, dentuman terdengar hingga 165 km.

Laporan mengenai dentuman yang terdengar di beberapa wilayah sekitar ibu kota ini juga dilaporkan netizens di media sosial. Selain dentuman yang tak berhenti-henti, Gunung Anak Krakatau juga menyemburkan abu tebal hingga lebih dari 500 m di atas puncaknya.

Menurut Pusat Vulkanologi Mitagasi dan Bencana Geologi atau PVMBG, letusan pertama kali terjadi pada pukul 22:35 WIB, letusan pertama kali terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 40 milimeter. []

You may also like...