Enam dari 34 Santri Temboro yang Mudik ke Ponorogo Jalani Rapid Test, Hasilnya Satu Positif COVID-19

Feature Image Enam dari 34 Santri Temboro yang Mudik ke Ponorogo Jalani Rapid Test, Hasilnya Satu Positif COVID-19 (Foto Istimewa)
Feature Image Enam dari 34 Santri Temboro yang Mudik ke Ponorogo Jalani Rapid Test, Hasilnya Satu Positif COVID-19 (Foto Istimewa)
Prime Banner

PONOROGO – Enam orang dari 34 santri Pondok Pesantren Al-Fatah, Temboro Magetan yang mudik ke Ponorogo menjalani pemeriksaan yang dilakukan oleh satuag tugas gugus COVID-19 Kabupaten Ponorogo. Hasilnya, satu dari enam satri dinyatakan positif berdasarkan rapid test.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni kepada awak media kemarin (22/04/2020).

“Sudah ada 34 santri Temboro, semua diisolasi,” tutur Ipong.

“Yang positif (reaktif) satu orang itu diisolasi di RSUD dr Harjono,” terang Ipong.

Rencananya, lanjut Ipong, santri tersebut akan swab test hari ini untuk mengetahui status santri tersebut. Pun juga dengan 24 santri lainnya akan dilakukan rapid test.

Selain para santri tersebut, pihaknya juga akan melakukan rapid test kepada orang tua santri. Terutama yang hasil rapid test-nya reaktif.

“Beberapa orang tua yang selama ini aktif mengurus mereka terutama yang positif (reaktif) tadi juga akan kita rapid test,” terang Ipong.

Ipong menambahkan, saat ini isolasi bagi santri Temboro dilakukan di balai desa serta rumah sakit. “Barusan saya perintahkan agar tidak boleh isolasi mandiri, isolasi dilakukan di balai desa dan di rumah sakit,” pungkas Ipong.

Puluhan santri yang pulang dari Temboro menjalani isolasi, namun tidak semuanya menjalani rapid test. Pemkab hanya melakukan tes cepat pada santri yang suhu tubuhnya terbilang panas, sesak napas atau mengalami gejala Corona lainnya. Itu karena terbatasnya alat rapid test di Ponorogo. []

You may also like...