Prime banner

HONG KONG – Pusat Perlindungan Kesehatan (CHP) Departemen Kesehatan Hong Kong baru-baru ini merilis sebuah informasi beredarnya sebuah merk kosmetik yang berbahaya jika digunakan lantaran mengandung bahan kimia dosis tinggi. Produk kosmetik dengan merk Flying Aloe Vera tersebut merupakan produk kosmetik yang dalam kemasannya menyebut sebagai produk pemutih.

Larangan ini berdasarkan ditemukannya seorang pasien Edema, seorang PRT asing berusia 40-an tahun yang sudah tiga bulan terakhir dirawat di Kwong Wah Hospital dalam kondisi tak berdaya. PRT asing yang tidak disebutkan namanya tersebut mengaku sebelum terkena edema, dirinya menggunakan kosmetik pemutih merk tersebut dalam dua jenis yaitu jenis day cream untuk siang hari dan night cream untuk malam hari.

Pakai Kosmetik Abal-Abal, Wajah Seorang PMI Seperti Terbakar

Setelah dilakukan uji labolatorium pada pproduk tersebut, ditemukan kandungan merkuri sebanyak 5.942 kali lipat lebih tinggi dari yang diijinkan pada cream malam dan 5.233 kali lipat lebih tinggi pada Cream malam.

Hasil diagnosa medis, perempuan pekerja asing tersebut divonis mengalami kerusakan fungsi ginjal dan syaraf. Akibatnya, kondisi perempuan tersebut saat ini terganggu penglihatan, pendengaran serta kemampuan berkonsentrasi akibat paparan merkuri dalam kosmetik yang dia gunakan jauh melampaui ambang batas yang diperbolehkan.

Juru bicara CHP menyarankan kepada masyarakat agar tidak menggunakan produk kosmetik yang tidak jelas produsennya. Disamping itu, jika merasakan gejala iritasi atas penggunaan sebuah produk kosmetik, segera dihentikan dan konsultasikan dengan dokter.

Gara-Gara Pake Produk Ini, Seorang PRT Di Hong Kong Derita Edema

Pasien edema ini merupakan pasien edema kedua yang pernah ApakabarOnline.com temukan di Hong Kong setelah sebeumnya juga seorang domestic worker menderita edema karena menggunakan kosmetik merk Poonia.

Gejala dan akibat yang sama ditimbulkan oleh kedua merk kosmetik ini, yaitu edema, dimana penderitanya mengalami bengkak “takalidut” sekujur tubuhnya.

Maksud hati kepingin memiliki kulit putih bersih, jika begini jadinya, malah menakutkan bukan ? Hati-hati dalam memilih produk kosmetik. Pastikan aman untuk kesehatan penggunanya. [Asa]

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner