Prime banner

HONG KONG – Merealisasikan gagasan upgrade fisik ID card Hong Kong pada bulan November silam, kemarin (13/02), otoritas Hong Kong mengunumkan pemberlakuan ID card yang baru.

Dalam siaran persnya, otoritas Hong Kong menyatakan, dengan berlakunya ID card yang baru ini tidak serta merta membuat ID card yang lama menjadi sama sekali tidak berlaku. ID card lama tetap masih berlaku sampai 4 tahun kedepan. Durasi waktu 4 tahun ini diharapkan menjadikan kemudahan untuk mengajukan secara bertahap.

Fisik ID card yang baru, berbahan serat polikarbonat berkualitas tinggi, yang bisa digunakan selama 10 tahun hingga 15 tahun dari sekarang. Dengan ID card yang baru, layanan e-pass hanya memerlukan waktu 8 hingga 12 detik saja.

Untuk warga yang kondisi fisiknya tidak memungkinkan melakukan pengurusan sendiri dengan mendatangi kios yang telah disediakan pemerintah, otoritas Hong Kong menyatakan, telah membentuk 7 tim yang bertugas melakukan jemput bola mendatangi mereka yang tidak mampu datang karena keterbatasan keadaan atau kesehatan.

Hong Kong ID Card Baru Akan Segera Diberlakukan

Jika sebelumnya data telah terekam dalam sistem database, proses penggangtian ID card lama menjadi ID card baru dengan layanan mandiri di kios-kios yang akan disediakan di seluruh distrik, hanya memerlukan waktu sekitar 1 menit saja proses verifikasinya, kemudian kartu yang baru akan tercetak. Namun jika pemohon melakukan dengan cara manual, tetap akan dilayani oleh petugas.

Seperti pada publikasi sebelumnya, dalam fisik ID card baru dibenamkan 9 lapis fitur anti pemalsuan. Fitur tersebut, selain pada penambahan desain logo tertentu dengan lebih rumit, bahan material pembuat yang khusus sehingga nantinya akan menjadi lebih tipis, penggunaan chip yang telah di upgrade, tampilan foto menjadi dua, detektor sinar UV, hingga detektor logam. [Asa]

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner