October 31, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kini, Di Bandara Juanda, Penumpang dari Luar Negeri Diperiksa Dua Kali Sejak di Pintu Keluar Badan Pesawat

2 min read
Prime Banner

SURABAYA – Bandara Internasional Juanda sempat menjadi pembicaraan publik lantaran pengakuan beberapa penumpang yang menjadi pemberitaan beberapa media mainstream tanah air dan beberapa media internasional terkait screening corona system yang diberlakukan.

Menanggapi hal tersebut, dr. H. Muhammad Budi Hidayat, M. Kes Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya menyatakan Setiap penumpang internasional yang turun di Bandara Internasional Juanda Surabaya kini akan melewati dua kali pemeriksaan suhu.

“Pemeriksaan suhu tubuh penumpang internasional sebanyak 2 kali. Pemeriksaan pertama saat penumpang turun, personel kesehatan melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang internasional satu per satu dengan alat thermo gun yang ditempelkan pada kening penumpang. Sedangkan pemeriksaan kedua kami memasang alat thermo scanner di terminal kedatangan internasional Bandar Udara Internasional Juanda untuk mendeteksi penumpang dengan suhu tidak normal atau lebih dari 38 derajat Celcius,” ujar Budi Hidayat.

Disamping itu, setiap penumpang internasional yang di tiba di Bandar Udara Internasional Juanda juga diberikan Health Alert Card (HAC) sebagai pendataan medik untuk mengantisipasi dini penyebaran virus Corona atau COVID-19.

 

PMI Hong Kong yang Cuti Tidak Dicek Corona di Bandara Juanda Usai Presiden Jokowi Umumkan Dua WNI Positif Corona

 

Budi menegaskan, patokan suhu minimum yang digunakan sebagai batas apakah akan dibawa ke ruang isolasi atau tidak adalah 38 derajat celcius.

Perbedaan batas minimal inilah yang membuat beberapa PMI salah paham. Pasalnya, di beberapa negara tempat mereka bekerja, seperti di Hong Kong misalnya, suhu minumum alarm scanner akan berbunyi atau tidak adalah 37.5 derajat celcius. Sedangkan dirinya saat itu mengetahui suhu tubuhnya pada angka 37,9.

Bahkan, KJRI Hong Kong dalam pengumumannya terkait dengan screening suhu tubuh bagi siapa saja untuk bisa memasuki kawasan KJRI juga 37.5 derajat celcius.

Keheranan PMI Hong Kong yang sedang cuti kemarin terjawab dengan pernyataan dr. H. Muhammad Budi Hidayat, M. Kes Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya, batas suhu minimum yang ditentukan berbeda. []

Advertisement