Memberi Makan Hewan Kesayangan Rasulullah, Salah Satu Magnet Penarik Rejeki

Prime Banner

ApakabarOnline.com – Allah Swt tidak pernah salah alamat dalam memberi rezeki pada setiap makhluk-Nya, baik kepada manusia, hewan, bahkan tumbuhan. Bagi kita manusia, sebagai makhluk yang dibekali akal, tentu harus berusaha menjemput rezeki yang ditebar-Nya di muka bumi dengan cara bekerja.

Persoalan hasil dari kerja yang dilakukan, Allah lebih berhak menentukan seberapa besar yang akan kita peroleh.

Pada kenyataannya, terkadang seseorang yang sudah bekerja keras tetapi mendapatkan hasil yang jauh dari harapannya. Dalam keadaan tersebut, sebagai kaum mukmin kita dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah karena Dialah yang Maha Memberi Rezeki.

Selain itu, umat Islam juga sangat dianjurkan untuk mengerjakan sejumlah amalan yang diyakini dapat menjadi Magnet Penarik Rezeki.

Amalan-amalan tersebut di antaranya:

 

  1. Salat duha

Salat sunah yang dikerjakan pada pagi hari sampai menjelang zuhur ini dipercaya ampuh untuk menarik rezeki dari Allah Swt.

Rasulullah saw bersabda, “Salat duha itu dapat mendatangkan rezeki dan menolak kefakiran. Dan tidak ada yang akan memelihara salat duha melainkan orang-orang yang bertaubat.” (HR. Turmudzi dan Ibnu Majah).

 

  1. Membaca Surah Al-Waqi’ah

Amalan selanjutnya adalah membaca salah satu surah dalam Al-Qur’an yakni Surah Al-Waqi’ah.

Nabi Muhammad saw bersabda, “Barang siapa yang membaca Surah Al-Waqi’ah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya.” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir).

 

  1. Memperbanyak istighfar

Bisa jadi rezeki kita terasa seret lantaran kita terlalu banyak dosa yang dilakukan. Maka dari itu, kita harus sering memohon ampunan kepada Allah salah satunya dengan memperbanyak istighfar.

Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan mengubah setiap kesedihannya menjadi kegembiraan; Allah azza wa jalla memberikan solusi dari setiap kesempitannya (kesulitannya), dan Allah anugerahkan rezeki dari jalur yang tidak disangka-sangka.” (HR. Ahmad dan al-Hakim).

 

  1. Memberi Makan Kucing dan hewan lainnya

Dalam sebuah riwayat dikatakan, “Pada setiap sedekah kepada mahluk yang memiliki hati (jantung) yang hidup, akan dapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis lain, Rasulullah pernah ditanya oleh salah seorang sahabat, “Apakah berbuat baik kepada binatang bagi kami ada pahalanya?”

Lantas Rasulullah bersabda, “Di dalam setiap apa yang bernyawa ada pahalanya.” (HR. Bukhari & Muslim).

Sementara itu pahala sedekah dijelaskan oleh Allah Swt dalam Surah Al-Baqarah ayat 261 yang artinya:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 261). Wallahu a’lam.[]

You may also like...