Mulai Akhir Novembver 2018, Pasangan Menikah Tidak Akan Mendapat Buku Nikah

You may also like...

38 Responses

  1. setuju banget nah benginii nii hebattt mencegah terjadinya perselingkuhan yg marak pd pasutri ingsa allah dgn peluncuran buku nikah berbasis sim card ini mampu mengurangi persekingkuhan pasutri jg dpt berfikir positif

  2. Lizna says:

    Kalau kartu nikah letak di dompet, trus dompet jatuh dan hilang, bagaimana ? Kan kebanyakan orang tidak perduli, ketika menemukan barang berharga milik orang lain,.

  3. Jali says:

    Masuk.betul klo d taro d dompet.klo hilang trs d mna ti

  4. Alfi says:

    Kalo buku nikah di ganti gimana dengan prosedur-prosedur yang ada di dalam buku nikah tentang kewajiban-kewajiban suami/istri di dalAm rumah tangga.
    Dan apakah isi semua tulisan yang ada di dalam buku nikah akan di pindahkan ke kartu nikah apa bagaimana?
    mohon infonya?
    Terimakasih.

    • Ali says:

      Hak dan kewajiban suami istri seharusnya udahbada di otak masing2 pasutri. Gk prlu buka buku.

    • Lusmiyati says:

      Sepertinya negara kita akan sama sperti negara tetangga, malaysia kan tidak pakai buku nikah, melain kan kad nikah/ kad kawin namanya
      Mungkin negara kita akan mengikuti cara itu

  5. Ibrahim says:

    Nanti kalau hilang tingal cetak lg kan udah ada no serinya…ini sie menurut sya…

  6. mitro says:

    pak menteri kayaknya sering blusukan ke hotel hotel…..makanya hafal kalau ke hotel tanyaknya buku nikah….

  7. Rin says:

    Sebagai pengganti identitas, bisa mnunjukkan kartu nikah. Lah apa gunanya ktp??

  8. Falyas says:

    Meskipun kartu nikah di adakan biar simple ut dibawa tapi ya buku nikah jgn dihilangkan lah,, buat jaga” kalau” dompetx hilang kan masih ada buku nikah di rumah… Biar kalo mau di cetak ulang ya buku nikah biss jdi dasar ut pengajuan percetakan ulang kartu nikah,, ribet lg klo harus ke kelurahan ambil surat keterangan SUDAH nikah,, dll😊

    • Andan says:

      Sebenarnya buku nikah itu jangan dihilangkan,toh jikalah kartunya hilang gimana coba, setidaknya masih ada bukti bukunya, seperti ATM juga ada bukti buku rekeningnya, bahwa benar yg bersangkutan pernah….. Begitu.☺️

  9. Ahmad Fauzan says:

    Baguss sihh idenya, cman klw harus menghilangkan buku nikah, saya rasa itu kurang menarik. Lebih bagus buku nikah ttap ad jika sewaktu2 kartu nikah hilang/rusak, kita bsa mnta d buat ulang. Dan jika buku nikah hilang, kartu nikah mampu jdi acuan untk mmbuat buku nikah lagi dengan ktetapan hukum yg berlaku

  10. fitri says:

    Lalu bagaimana dengan pasangan nikah yg sudah lama jika di tiadakan?

  11. Wenti says:

    Bagaimana dengan ayat2 Allah dibuku nikah ? apa bisa dicantumkan di kartu? 🤔
    Akan lebih baik buku nikah tetap ada, kartu juga ada biar kalo ilang bisa bikin kartu baru lagi dilihat dri keterangan bukunya

  12. Purry says:

    Kadang sayah g bisa berkata2

  13. Husni says:

    Kayak E-KTP kemaren

  14. tayo says:

    siti ngomong apa ya?

  15. tayo says:

    siti ngomong apa ya?
    buku nikah berbasis sim cars????????
    bukunya kan mau dihilangkan maakkkk
    terus
    sim card dari mana?
    kan kartu kayak atm itu lo

  16. Didin says:

    Bagusnya buku nikah tetap ada dan ada penambahan kartu nikah ,
    Bisa untuk mencegah pergaulan bebas nih jadi pasangan yg belum resmi atau pun bukan mukhrimnya bisa ketahuan

  17. Al robin says:

    jika pak menteri ingin menjalankan kebijakan itu dengan alasan untk mempermudah & simple untk dibawah kemana2,,ok2 aja,,,,

    Dengan berbagai macan problem yg teman2 utarakan, saya punya usulan, mungkin bisa sipertimbangkan:

    Mungkin salah satu dari buku nikah dan kartu nikah itu memiliki kekurangan,

    Alangkah baikx kita mengunakan dua2x,,,peserti buku rekening dan ATM,,

    Kartu nikah untk di bawah kemana2 dan bukuh nika untk simpan dirumah,,,

    Namun dalam hal administrasi yg resmi keduax tdk bisa di pisahkan.

  18. Fitri says:

    Menurut saya bagusny kartu nikah dapat buku nikah tetap dapat sm halny sprr kita punya buku bank dn atm

  19. Omen says:

    Ngapusi aja itu, proyek besar. Kartu nikah itu mudah hilang dan gampang rusak dan pasti sangat murah harganya tapi gak tau seberapa mahalnya kalo buat. Bagus2 buku nikah sulit dipalsukan

  20. Romlisasmitha says:

    Setuju banget nih klo ky gini

  21. ToP says:

    Ngak ushalah buku nikah aja ngak usaha diganti2, kalau diganti berapa byak nnti uang negara yg dikeluarkan lagi… Sdangkan penduduk indonesia bukan sedikit…yg sudah pakai buku nikah.. Kalau bis ngak usaha diganti

  22. Barkah says:

    Terus kalau gak ada surat atau buku nikah lalu kalau mau bikin surat KK gimana yak

  23. Aqilda says:

    Wow…untung udah nikah. 😂😂

  24. Haerladun says:

    Pake biyaya gk ganti dari buku ke kartu?
    Kalau pake biyaya usaha nama y

  25. Mas wowok says:

    Menurutku Semakin jelek aja.. Udah bagus buku, kalo perlu tggl fotocopy, kalo emang ada kemajuan tggl bukunya yg baru dikasih barcod atau chip kan bisa… Jelek pokoknya..

  26. Dekus says:

    Kartu nikahnya bisa di gesek gk kya atm..

  27. dede says:

    Makin sinih makin aneh peraturan

  28. Veery says:

    Wah syh klu hilng krtu nikahnya ya nikah lg ajh

  29. ivan says:

    lah ribert amat,apa2 di ubah menjadi gampang,,KTP aja msih susah ,,mending buku nikah yg sudah ada,dari pda di ubah,biar ada perbedaan,,masa apa2 di bikin praktis,,nggk kreatif

  30. Mailing says:

    Takut nasib nya sama kayak E KTP nikah nya udah 2 tahun kartu nikahnya gak jadi jadi 😁😂

  31. Widi says:

    Saya tidak setuju bila buku nikah dihilangkan dan diganti dengan kartu..
    Saran saya buku nikah tetap berlaku asalkan ada penambahannya saja. Jangan dihilangkan krn sama saja melanggar aturan² yang sudah ditetapkan dibuku nikah sejak jaman dahulu.

  32. Hana says:

    Katanya kartu nikah bukan pengganti buku nikah,gimana si berita jadi simpang siur begini .

  33. zardiana says:

    Benar sih sihkah itu simple,gampang di bawa kemana2, misalnya hilang gimana,itu kan trrmasuk benda kecil. Di tarok di dompet misalkan dompet kita hilang/kecopetan maka hilang jga lah simkah kita,…bukannya ribet urus2 itu lagi. Kalau soal nginap di hotel syari’ah di tanya buku nikah,di Ktp kan sudah ada identitas. Menikah pa belumnya pak. Duuuh…kalau saya kurang setuju la paak.

  34. Choi says:

    Buku nikah mulai ganti pakai kartu…ada masa aktif nya gak pak..hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Inline
Inline