Museum Sam Tung Uk Kompleks “Jadul” Yang Wajib Dikunjungi

Gerbang masuk Museum Sam Tung Uk Hong Kong | Foto Wijiati Supari/ApakabarOnline.com
Gerbang masuk Museum Sam Tung Uk Hong Kong | Foto Wijiati Supari/ApakabarOnline.com
Prime Banner

HONG KONG – Anda penyuka tempat bersejarah? Di Hong Kong terdapat puluhan museum yang masih terawat dengan baik sampai sekarang. Salah satunya Museum Sam Tung Uk, yang merupakan salah satu situs sejarah peninggalan zaman dahulu. Museum ini menggambarkan kehidupan masyarakat Hong Kong, khususnya masyarakat klan Hakka (marga Chan) yang berasal dari Provinsi Guang Dong, Cina. Museum ini dibangun pada 1786 dan telah mengalami pemugaran pada 1981.

Sam Tung Uk sendiri telah berusia sekira 200 tahun. Memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi, dengan tiga pintu utama, namun hanya pintu tengah yang difungsikan untuk keluar masuk. Ruang resepsionis adalah ruangan pertama yang kita lihat di sisi kanan, bersebelahan dengan ruang pameran di sisi kiri yang berisi gambar-gambar perubahan Sam Tung Uk sebelum, saat, dan sesudah pemugaran. Termasuk, memamerkan miniatur museum dalam kotak kaca transparan dan gerabah-gerabah kuno.

Tepat satu garis lurus dengan pintu masuk adalah ruang pertemuan keluarga dan ruang sembahyang yang disekat dengan pintu berdaun empat. Tetapi, yang terbuka hanya pada dua daun pintu bagian pinggir saja. Di bagian depan kita juga disambut dan dimanjakan dengan dapur ”jadul”, lengkap dengan tungku, alat untuk memasak air, serta ruangan unik berisi kerajinan tangan dan peralatan pertanian.

Sam Tung Uk memiliki tata letak bangunan cukup unik, yakni terkotak-kotak simetris. Di dalam terdapat empat model rumah mengelilingi ruang keluarga dan ruang sembahyang. Di sekelilingnya tampak dapur, kamar keluarga, kamar serbaguna, kamar tidur serta kamar khusus di lantai atas yang terbuat dari papan. Tetapi, pengunjung tak diizinkan masuk kamar-kamar tersebut. Mereka hanya bisa melihat dalam batas tertentu.

Penasaran ingin melihat langsung museum yang memiliki nilai historis ini? Silakan datang pada Senin sampai Minggu dari pukul 09.00 – 16.00. Museum Sam Tung Uk tutup pada hari Selasa, Hari Natal, Boxing Day, Tahun Baru, dan tiga hari pertama Tahun Baru Cina. Untuk menuju ke museum, sangat gampang, cukup berjalan kurang lebih 15 menit dari stasiun MTR Tsuen Wan keluar E, kemudian ikuti tanda jalan menuju ke lokasi.

Sangat mudah bukan? Jadwalkan segera bersama sahabat tercinta untuk mengunjungi museum yang penuh dengan nilai sejarah ini. Tapi ingat, jadilah tamu yang baik di negeri orang. Tetap menjaga sopan santun, jangan merusak apa yang ada di dalam museum. Jagalah kebersihan dan patuhi aturan yang dibuat pengelola museum. Selamat berkunjung! (wijiati supari)

This slideshow requires JavaScript.

You may also like...