October 21, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Persyaratan PRT Asing Masuk Hong Kong Berlaku Mulai 25 Juli

2 min read
Prime Banner

HONG KONG – Sebagaimana siaran pers sebelumnya terkait dengan persyaratan memasuki wilayah Hong kong bari siapa saja yang berangkat dari negara-negara yang masuk dalam kategori mengkhawatirkan tingkat penanganan pandemic COVID-19nya, sore hari ini (18/07/2020), otoritas Hong Kong kembali mengeluarkan siaran pers yang spesifik terkait dengan persyaratan bagi setiap PRT Asing yang akan memasuki wilayah Hong Kong.

Dalam keterangan pers yang yang dikeluarkan pada pukul 16:26 sore hari ini (18/07/2020), orotitas Hong Kong mengatur persyaratan untuk PRT Asing yang akan memasuki Hong Kong sebagai berikut :

Mulai Hari Ini, Setiap Orang yang Memasuki Hong Kong dari Negara-Negara Berikut Wajib Memiliki SK Tes Nukleat

  1. Memegang surat keterangan bebas COVID-19 berdasarkan hasil uji Asam Nukleat yang dilakukan dan dikeluarkan oleh Labolatorium legal yang dijamin oleh pemerintah negara asal maksimal 72 jam sebelum keberangkatan dan hasilnya harus negatif.
  2. Surat keterangan harus dalam bahasa Inggris atau Mandarin dan ditandatangani oleh otoritas pemerintahan negara asal PRT.
  3. Harus memiliki keterangan tertulis dalam bahasa Inggris atau Mandarin tentang lokasi hotel untuk menjalani karantina selama 14 hari setibanya di Hong Kong.

Juru bicara Labour Departement menegaskan, sebelum pesawat memulai penerbangan, usai melakukan check-in, seluruh dokumen PRT Asing yang akan ke Hong kong harus sudah dikirimkan melalui operator maskapai terkait.

Agen penyalur diminta partisipasi aktifnya untuk turut menyosialisasikan aturan tersebut kepada kalangan majikan sekaligus diminta turut memfasilitasi kelancaran proses.

Disamping itu, Agen juga memiliki kewajiban untuk memberikan informasi kepada setiap PRT Asing yang mereka salurkan akan informasi relefan berkaitan dengan prosedur penerapan protokol COVID-19 yang sedang berlaku di Hong Kong saat ini.

Aturan tersebut berlaku mulai pukul 00:00 tanggal 25 Juli 2020.

Jika ada hal-hal yang belum jelas dan ingin menanyakan lebih lanjut, Labour Departement membuka layanan hotline di  2157 9537 atau melalui email dengan alamat fdh-enquiry@labour.gov.hk. []

Advertisement