Sejuknya Berwisata di Pantai Berpagar Seribu Pohon Cemara

Prime Banner

REMBANG – Ada sebagian orang yang selalu rindu pantai sebagai salah satu destinasi wisata favoritnya di musim liburan. Pantai adalah fenomena alam yang menyuguhkan keindahan dan ketenangan. Salah satu ikon wisata bahari yang fenomenal di Jawa Tengah adalah Pantai Karang Jahe. Pantai ini berlokasi di desa Pungulharjo, Rembang, Jawa Tengah.

Anda yang ingin rehat sejenak dan merasakan indahnya pohon cemara yang berjejer di tepi pantai, bisa meng-agendakan wisata di Pantai Karang Jahe yang menyediakan fasilitas yang lengkap. Tidak hanya untuk berwisata, pantai ini juga sangat cocok dijadikan destinasi wisata edukasi untuk meningkatkan pemahaman anak mengenai ekosistem laut yang beragam.

Menurut informasi yang berkembang di masyarakat setempat, nantinya  di lokasi ini akan dikembangkan blok beton yang fungsinya adalah untuk mengembangbiakan terumbu karang yang ada di lokasi wisata tersebut. Nantinya, ini bisa dimanfaatkan untuk diving bagi pecinta ekosistem bawah laut.

Sebelum berangkat ke Pantai Karang Jahe, apalagi jika ini adalah kali pertama Anda berangkat kesana, yuk cek rute perjalanan paling cepat, apa saja kebutuhan yang diperlukan selama perjalanan, kapan waktu yang tepat untuk berwisata kesana, dan peringatan bahaya apa yang harus diwaspadai selama berada di lokasi wisata Pantai Karang Jahe Jawa Tengah.

Menariknya lagi, Anda yang ingin sekaligus berwisata ke tempat lokasi terdekat, Anda bisa sekaligus merancang perjalanan ke Situs Perahu Kuno yang hanya perlu waktu perjalanan 5 menit, Jembatan Merah Hutan Mangrove dan Pantai Nyemplung yang masing-masing hanya memerlukan waktu tempuh 9 menit, dan Pantai Ria Caruban yang hanya memerlukan waktu tempuh selama 13 menit. Cukup strategis, bukan?

 

Lokasi dan Cara Menjangkau Pantai

Untuk sampai di Pantai Karang Jahe, aksesnya cukup mudah sebab tempatnya berada di jalur pantai utara. Jika Anda datang dari Arah Barat seperti Semarang atau dari arah Timur seperti Surabaya, berikut rute yang bisa Anda tempuh:

 

Dari Arah Semarang

Dari arah Semarang, Anda ikuti saja jalur pantura Semarang Surabaya. Sampai di Kota Rembang lurus saja hingga mencapai Jl. Rembang-Lasem 7,5 Pungulharjo. Dari titik tersebut, jalan lurus hingga nanti menemukan Karang Jahe Beach dengan pertanda baliho yang dipasang di pintu masuk kawasan wisata tersebut. Dari baliho itu, Anda harus menyusuri perjalanan sejauh 800 meter untuk sampai di bibir pantai.

 

Dari Arah Surabaya

Sebaliknya, jika Anda berasal dari arah Surabaya, ikuti saja jalur pantura arah Surabaya-Semarang. Sampai di Lasem, Anda akan menemukan baliho di sebelah kanan jalan yang bertuliskan Karang Jahe Beach (KJB). Dari pintu masuk baliho tersebut, setidaknya Anda harus menyusuri jalan lebih kurang 800 meter sebagaimana saat Anda menempuh perjalanan dari arah yang berlawanan.

Ya, Karang Jahe Beach secara lokasi memang terbilang strategis dan mudah untuk dijangkau. Tidak jauh dari akses jalan utama pantura sehingga bisa Anda tempuh dengan mudah baik dengan memakai kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

 

Aktivitas dan Fasilitas di Pantai

Apa saja aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai ini? dan apa saja fasilitas yang bisa Anda manfaatkan selama berada di Pantai Karang Jahe Beach? Tidak main-main, ada banyak sekali fasilitas yang bisa Anda dapatkan disini, seperti:

 

Pantai berpagar Pohon Cemara

Ya, pemerintah setempat sengaja menanam pohon cemara untuk menahan abrasi yang terjadi di pinggir pantai. Seiring berjalannya waktu, pohon cemara tersebut semakin menambah kecantikan Pantai Karang Jahe dan menjadi destinasi wisata menarik bagi para wisatawan domestik maupun luar negeri. Pohon cemara berjajar rapi seperti pagar yang mengitari pantai. Terasa segar dan teduh dengan sepoi angin yang menyejukkan. Ingin berwisata ke pantai yang sekaligus menyaksikan indahnya panorama pohon cemara. Karang Jahe jawabannya.

 

Lokasi Outbond yang Luas

Ya, yang unik dari pantai Karang Jahe salah satunya adalah tersedia lokasi outbound yang luas. Telah banyak wisatawan yang menggunakan pantai ini sebagai lokasi outbond untuk mengisi kegiatan sewaktu liburan sekolah. Lokasi outbond Karang Jahe sangat bersih, dengan bulir pasir yang putih dan bersih sehingga nyaman digunakan untuk berwisata edukasi seperti halnya outbond.

 

Mempelajari Habitat dan Ekosistem Bawah Laut

Oleh pemerintah setempat, lokasi wisata yang satu ini sengaja disediakan bagi wisatawan yang ingin mempelajari mengenai ekosistem bawah laut dan habitat laut Karang Jahe. Tersedia fasilitas yang mendukung seperti halnya perlengkapan diving, perahu, tenda, odong-odong yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah wawasan mengenai ekosistem laut dengan biaya sewa yang bervariasi. Manfaatkan fasilitas tersebut untuk menggali lebih jauh pengetahuan Anda mengenai ekosistem bawah laut yang indah.

 

Momen Sunrise dan Sunset yang Tak Terlupakan

Wow, bicara pantai, tampaknya tidak ada yang lebih mengesankan dibandingkan saat momen sunrise dan sunset yang menggiurkan panoramanya. Momen tersebut menyuguhkan keindahan alam yang sempurna yang bisa Anda abadikan keindahannya dengan menjadikannya background foto selfie bersama teman-teman. Banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke lokasi wisata ini di pagi dan sore hari untuk menyaksikan indahnya sunrise dan sunset di Pantai Karang Jahe Rembang Jawa Tengah.

 

Spot Selfie yang Indah

Puji syukur pada Tuhan yang telah memberikan berkah berupa keindahan alam yang luar biasa di tanah Indonesia. Salah satu diantara pesona alam tersebut ada di Rembang Jawa Tengah yaitu Pantai Karang Jahe. Pantai ini menawarkan begitu banyak spot selfie yang menarik seperti di sekitaran lokasi pohon cemara yang indah, di dekat deburan ombak bibir pantai, disaat sunset dan sunrise, dan sebagainya. Tujuannya Anda untuk refreshing di pantai ini akan benar-benar terbayar sudah.

 

Oleh-oleh Khas Rembang? Ada!

Jauh-jauh ke Karang Jahe, sia-sia rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas Rembang Jawa Tengah. Oleh-oleh tersebut tersedia di kawasan pantai yang cocok sekali Anda jadikan cindera mata untuk kerabat atau teman dekat di rumah.

Beberapa fasilitas umum yang bisa Anda manfaatkan disini diantaranya adalah tempat parkir yang luas untuk motor dan mobil, toilet yang bersih, mushola yang luas, warung untuk menikmati kuliner khas jawa tengah, lokasi outbond yang luas dan bersih, dan masih banyak lagi.

 

Peak Season di Pantai

Yup, peak season di pantai Karang Jahe tentunya saat liburan tiba. Wajar saja sebab lokasi pantai ini saat ini cukup fenomenal di kalangan pecinta pantai dan menjadi destinasi wisata idaman saat musim liburan tiba, entah itu saat libur akhir pekan, saat libur nasional, tahun ajaran baru, dan sebagainya. Jika ingin menikmati suasana pantai dalam kondisi tenang dan teduh, sebaiknya Anda berkunjung pada hari biasa. Lokasi wisata ini padat pengunjung di pagi dan sore hari. Usahakan membawa baju ganti dan jaga kebersihan pantai selama berada di lokasi Karang Jahe. Siapkan uang kecil 5.000/10.000an untuk membayar tiket motor, mobil dan memanfaatkan fasilitas yang ada di dalamnya.

 

Peringatan Bahaya

Tujuan berwisata tidak lain adalah untuk menikmati momen liburan bersama keluarga, pasangan, atau kerabat tercinta. Jangan sampai momen yang membahagiakan ini menjadi momen yang mengecewakan lantaran kita tidak datang dalam situasi dan kondisi yang tepat. Hindari berwisata saat musim hujan tiba.  Cek kondisi perahu sebelum Anda memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mengeksploitasi pantai Karang Jahe. Jadikan momen berwisata Anda menjadi momen yang tidak terlupakan dengan persiapan yang matang dan datanglah ke lokasi pada waktu yang tepat. [Mantai]

 

This slideshow requires JavaScript.

You may also like...