Prime banner

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Minggu (11/02) terpilih sebagai Menteri Terbaik di Dunia yang diberikan oleh pemimpin Dubai Syekh Mohammad bin Rashid Al Maktoum. Penghargaan itu diberikan usai melalui proses seleksi yang ketat oleh lembaga independen Ernst & Young.
Apa makna penghargaan bergengsi itu bagi perempuan yang kerap disapa “Bu Ani” tersebut?

1. Terbukti Mengurangi Kemiskinan Rakyat Indonesia
Sri Mulyani menerima penghargaan itu dalam pertemuan tahunan bernama World Government Summit di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE). Acara itu dihadiri pemimpin pemerintahan dari seluruh dunia untuk membicarakan mengenai proses pemerintahan dan kebijakan publik serta kaitannya dengan teknologi, inovasi dan topik lain.
“Sri Mulyani dan timnya di Kementerian Keuangan terbukti berhasil memberantas korupsi, meningkatkan transparansi di dalam pemerintahan dan di bawah pemerintahannya Indonesia berhasil mendapatkan hasil nyata dalam mengurangi kemiskinan, meningkatkan standar kehidupan, dan meningkatkan transparansi transaksi keuangan publik,” ujar pembawa acara membacakan sederet prestasi yang berhasil diraih oleh Ani.
Penghargaan bergengsi itu secara rutin diberikan setiap tahun kepada sosok yang berprestasi sejak tahun 2016 lalu.

2. Didedikasikan Untuk Rakyat Indonesia
Melalui akun media sosialnya, Ani mempersembahkan penghargaan tersebut bagi 257 juta rakyat Indonesia dan jajaran di Kementerian Keuangan yang telah bekerja keras untuk mengelola keuangan dengan penuh integritas dan komitmen tinggi. Selain itu, dengan berhasil meraih penghargaan sebagai Menteri terbaik sedunia, Ani bisa menjelaskan kepada dunia apa saja pencapaian Indonesia.
“Kami juga memiliki kesempatan untuk dapat menjelaskan apa saja tantangan dan upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi berbagai masalah pembangunan dan menciptakan solusi,” kata perempuan yang pernah bekerja sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia itu pada 2010-2016.

3. Upaya Pembangunan Indonesia Diakui Dunia
Ani tentu tidak lupa mengucapkan bahwa penghargaan tersebut bisa ia terima berkat kepemimpinan bosnya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Ani mengaku terhormat bisa mendapat penghargaan bergengsi itu, karena artinya dunia menghargai upaya pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah.
“Semoga penghargaan ini dapat semakin memotivasi Pemerintah Indonesia untuk dapat melakukan reformasi untuk menyiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan, perubahan teknologi dan perubahan dunia yang semakin cepat,” kata Ani melalui video blog dengan latar hotel mewah Burj al Arab. [Santi]

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner