Serangan Jantung Sering Terjadi Saat Kita Tidur, Begini Gejalanya

Prime Banner

Penyakit jantung patut diwaspadai, khususnya bagi yang sudah didiagnosis penyakit tersebut. Karena, selain tergolong penyakit berat, penyakit ini juga bisa menyerang kapan saja, termasuk ketika penderitanya sedang tidur. Karena kenyataan itulah, dalam banyak kasus, ada orang-orang yang sedang tidur dan mendapat serangan jantung mendadak, hingga menyebabkan kematian.

Ketika tidur, Anda mungkin tidak sempat menyadari apakah serangan jantung datang atau tidak. Namun, Anda bisa merasakan gejala-gejala berikut ini untuk mengenalinya. Jika Anda merasakan hal-hal berikut ini, disarankan untuk segera pergi ke rumah sakit terdekat.

 

Detak jantung menjadi cepat dan tidak teratur

Bangun tidur dengan detak jantung yang cepat atau tidak teratur, bisa menjadi tanda serangan jantung atau penyakit jantung koroner. Ini merupakan kondisi medis serius, yang mengarah ke gagal jantung. Jika Anda mengalami detak jantung tidak teratur selama lebih dari lima menit, segera cari bantuan darurat.

 

Gangguan tidur

Gelisah dan ketidakmampuan untuk benar-benar tertidur lelap bisa menjadi gejala serangan jantung. Gejala ini juga dilengkapi dengan kelelahan di siang hari, yang dapat menjadi tanda serangan jantung.

 

Berkeringat dingin saat malam

Bangun di tengah malam dengan bercucuran keringat dingin dapat menunjukkan gejala serangan jantung. Juga, perhatikan jika Anda bangun tiba-tiba dan lalu berkeringat.

Banyak serangan jantung terjadi saat bangun, karena pelepasan biokimia ke dalam aliran darah. Beberapa keringat saat tidur tidak selalu menunjuk masalah jantung. Namun hati-hati, jika Anda sering mengalami keringat dingin saat malam.

 

Nyeri dada

Nyeri dada adalah gejala yang paling mudah dikenali dari infark miokard, tetapi bukan yang paling umum. Sesak napas, nyeri di dada, dan rasa sakit yang luar biasa tajam, bisa terjadi dalam tidur atau segera setelah bangun.

Nyeri dada ringan mungkin yang paling berbahaya dari semua ini, karena orang-orang sering mengabaikan gejala tersebut. Dokter menyebutnya serangan jantung dengan gejala ringan.

 

Nyeri tubuh

Beberapa pasien serangan jantung, bangun dengan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada lengan, leher, perut, dan punggung. Gejala ini datang dan pergi.

Inilah gejala serangan jantung saat tidur yang harus Anda kenali, terutama jika Anda atau kerabat Anda telah didiagnosis dengan penyakit jantung. Ingat, penyakit jantung bisa merenggut nyawa Anda kapan saja. [Naviri]

You may also like...