October 21, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sudah Jauh-Jauh Mengaspal, Sampai Exit Tol Ngawi, Pemudik Disuruh Balik Kanan ke Jakarta

2 min read
Feature Image Sudah Jauh-Jauh Mengaspal, Sampai Exit Tol Ngawi, Pemudik Disuruh Balik Kanan ke Jakarta (Foto Detik.com)

Feature Image Sudah Jauh-Jauh Mengaspal, Sampai Exit Tol Ngawi, Pemudik Disuruh Balik Kanan ke Jakarta (Foto Detik.com)

Prime Banner

NGAWI – Salah satu misi dari dimajukannya Operasi Ketupat 2020 adalah mengawasi dan menghalau kedatangan pemudik, salah satunya yang melalui jalur tol.

Di wilayah Ngawi, adegan petugas jaga menghalau kedatangan pemudik kemudian menyuruh mereka untuk kembali ke Jakarta pun terjadi.

Mengutip Detik.com, peristiwa tersebut terjadi siang hari ini (24/04/2020) di hari pertama diberlakukannya larangan mudik.

Beberapa kendaraan yang akan keluar di exit tol Ngawi, diperiksa petugas. Jika kedapatan mereka adalah pemudik, mereka langsung disuruh kembali dari titik awal perjalanan mereka.

Tak ayal, puluhan mobil pemudik berplat nomor Ibu Kotapun harus memutar arah kembali masuk jalan tol.

“Ini merupakan sebagai tindak lanjut dari pimpinan pasca-ada instruksi larangan mudik. Ini kita dapatkan kendaraan yang nekat mudik, kita paksa untuk putar balik saat keluar di tol Ngawi,” terang Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto.

“Tidak pandang bulu semua kendaraan yang masuk Ngawi utamanya dari arah Jateng harus kembali tidak boleh masuk Jatim,” katanya.

Dicky mengatakan, pengadangan pemudik tidak hanya dilakukan di exit tol Ngawi, namun juga di jalur arteri perbatasan Jatim dengan Jateng. Jalur arteri yang rawan dilalui pemudik yakni jalur antar provinsi di Mantingan.

“Pengadangan tidak hanya di exit tol Ngawi, namun juga di perbatasan Jatim Jateng, jalur arteri di Mantingan,” ujarnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Ngawi AKP Bobby Mochammad Zulfikar mengatakan penyekatan dilakukan untuk menghalau kendaraan pemudik. Dalam penyekatan itu, kata Bobby, mengerahkan sekitar seratus personel. Ratusan personel itu tersebar baik di perbatasan Jatim-Jateng maupun jalur antar kabupaten di Jatim.

“Kami terjunkan lebih dari seratus personel untuk menghalau kendaraan pemudik. Baik di perbatasan antar provinsi maupun di antar kota di Jatim sendiri,” paparnya.

Bobby mengatakan selain dua posko utama di Mantingan dan exit tol Ngawi, penjagaan juga dilakukan di perbatasan Jatim-Jateng di Kecamatan Sine, perbatasan Madiun Ngawi di Geneng dan Karangjati, perbatasan Ngawi Bojonegoro di Banyuurip serta perbatasan Ngawi Magetan di Sini Kendal.

“Jadi kami tidak mau kecolongan setiap jalur yang rawan dilalui pemudik kita pantau termasuk di perbatasan Jatim-Jateng di Sine yang merupakan jalur ke Karanganyar,” tandasnya.

Sepanjang siang tadi, tampak puluhan kendaraan yang berpelat Jakarta dan Bandung berputar balik saat keluar di gerbang tol Ngawi. Mereka dipaksa putar balik masuk ruas tol menuju Jakarta lewat Solo. []

Advertisement