Tak Hanya Di Jakarta, Di Dua Tempat ini Juga Berdiri Istana Merdeka Bukan Milik Negara

Prime Banner

JEMBER – Terinspirasi oleh megahnya bangunan istana negara, sebuah balai desa di Jember disulap menjadi bangunan mirip istana negara. Kendati belum 100 persen selesai, bangunan megah ini tak ayal menjadi ajang swafoto warga.

Sebuah bangunan megah di areal persawahan Dusun Tegal Kalong, Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Jember terlihat cukup mencolok. Bangunan putih mirip gedung istana merdeka berdiri kokoh.

Bangunan ini sebuah Balai Desa Kemuningsari Kidul, yang dibangun menyerupai gedung istana merdeka di Jakarta. kepala desa secara khusus mendesign bangunan ini, agar warga tidak perlu jauh untuk pergi ke istana merdeka di Jakarta.

Tidak sedikit warga yang sengaja datang untuk hanya melihat bangunan ini dan berswafoto. Salah warga, Sofy, dirinya bersama pasangannya sengaja datang untuk melihat bangunan dan ber swafoto.

“Bangunan ini memang bagus meski belum jadi, cocok untuk selfie dan diupload di media sosial,” jelas Sofy.

Meski balai desa ini digunakan untuk berswafoto warga, namun aktifitas pelayanan warga tetap ada di balai desa yang baru 4 hari diresmikan.

Kepala Desa Kemuningsari Kidul Sujarwo Hadiono, menjelaskan, dirinya terinspirasi oleh kemegahan gedung istana negara yang sering dia lihat di televisi. Dirinya ingin membawa kemegahan gedung tersebut di desanya.

“Saya juga sengaja mebuat banyak jendela, agar lebih hemat energi dengan tidak menggunakan pendingin ruangan,” tutur Sujarwo Hadiono.

Rencananya, gedung yang diprediksi menelan biaya Rp 2 miliar tersebut, tak hanya menjadi tempat perkantoran. Tetapi juga digunakan sebagai kompleks wisata keluarga dan permainan anak.

Karena dari area luas 4 hektar, hanya 1 hektar yang baru digunakan untuk balai desa.

Juga Ada Di Wonogiri

Selain di jember, bangunan mirip Istana Kepresidenan sebelumnya juga muncul di Wonogiri, Jawa Tengah. Pemilik rumah terinspirasi membangun rumahnya seperti istana negara.

Warga desa yang sukses di Jakarta ini rela mengeluarkan uangnya miliaran rupiah untuk menjadikan rumahnya mirip dengan Istana Negara.

Bangunan ini memang mirip seperti Istana Kepresidenan, serupa tapi tak sama. Bangunan setinggi 12 meter di Desa Kebon Agung, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini mirip Istana Negara.

Warnanya pun serba putih, dengan desain arsitektur gaya istana Kepresidenan Republik Indonesia. Tak ketinggal di halaman gedung juga terpancang tiang pengibar bendera merah putih. Ornamen yang menghiasi dinding bangunan ini pun dibuat sedemikian rupa agar menyerupai bangunan istana negara.

Gedung mewah ini merupakan istana Suparno, warga desa yang sukses membuka usaha otomotif di Jakarta. Selain untuk rehat saat pulang mudik, lelaki 47 tahun ini memiliki obesesi menjadikan istananya menjadikan wahana wisata edukasi.

Rencananya di komplek istana Suparno di atas tanah seluas 2300 meter persegi ini akan didirikan empat bangunan sekaligus. Selain bangunan utama istana Suparno di lokasi ini juga akan dibangun museum batik dan aula lansia.

“Ruang utama itu nanti saya fungsikan untuk tempat saya tinggal kalau saya pulang mudik. Terus kalau ruang lain akan saya untuk penghormatan terhadap orang-orang tua lansia dan sebagainya,” ujar Suparno.

Suparno merintis pembangunan gedung istananya ini sejak dua tahun lalu, dan diperkirakan selesai awal Agustus mendatang dengan biaya lebih dari Rp 1 miliar. Meski belum 100 persen selesai banyak warga yang menilai bangunan istana Suparno ini tak jauh berbeda dengan Istana Negara. [Net]

This slideshow requires JavaScript.

You may also like...