October 30, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tak Ingin Kecolongan, 94 Santri Temboro yang Mudik ke Madiun Dirapid Tes Ulang

1 min read
Feature Image Tak Ingin Kecolongan, 94 Santri Temboro yang Mudik ke Madiun Dirapid Tes Ulang (Foto Jatim Net)

Feature Image Tak Ingin Kecolongan, 94 Santri Temboro yang Mudik ke Madiun Dirapid Tes Ulang (Foto Jatim Net)

Prime Banner

MADIUN – Setelah sebelumnya, berdasarkan hasil penelusuran, Pemerintah Kabupaten Madiun menemukan 105 santri Temboro asal Madiun yang mudik ke kampung halamannya, kemudian dilakukan rapid tes, 10 diantaranya didapati dalam kondisi positif berdasar rapid tes.

Tak ingin kecolongan, seminggu berselang, 94 santri yang sebelumnya didapati dalam kondisi non reaktif berdasar rapid tes, kemarin (01/05/2020) kembali dilakukan rapid tes pada mereka.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun Soelistyo Widyantono menyatakan, tujuan dari rapid tes ulang tersebut adalah untuk mewaspadai potensi penularan, sebab tidak menutup kemungkinan hasil nonreaktif berubah menjadi reaktif. Hal itu melihat dari masa inkubasi virus, tingkat imunitas tubuh, dan tidak diketahui secara pastinya hari pertama orang bersangkutan terinfeksi.

“Sebatas jaga-jaga, banyak pengalaman seperti itu. Malahan ada juga sekarang OTG. Jadi ada 94 orang yang  dites ulang,” katanya.

Sedangkan sebanyak 10 santri yang positif hasil rapid tes telah diisolasi di beberapa rumah sakit rujukan penanganan corona di Kabupaten Madiun, di antaranya RSUD Caruban dan Dolopo. Mereka menunggu hasil tes swab yang belum keluar. Sedangkan 94 santri nonreaktif diminta isolasi mandiri di rumah.

Dinkes telah berkoordinasi dengan pemerintah desa dan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya untuk ikut mengawasi.

“Kalau hasil rapid test kedua reaktif, dilanjutkan pengambilan swab untuk uji laboratorium,”pungkasnya.  []

Advertisement