October 31, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Terdampak Corona, 24.240 Pekerja di Jawa Tengah Kena PHK

1 min read
Feature Image Terdampak Corona, 24.240 Pekerja di Jawa Tengah Kena PHK (Foto Istimewa)

Feature Image Terdampak Corona, 24.240 Pekerja di Jawa Tengah Kena PHK (Foto Istimewa)

Prime Banner

SEMARANG – Wabah virus corona di Indonesia semakin meluas dan semakin menginfeksi banyak orang. Imbas dari wabah tersebut, telah memukul banyak sektor. Tak hanya meningkatkan jumloah pasien positif terinfeksi, jumlah korban pengangguran akibat wabah corona, kian terlihat nyata di depan mata.

Seperti yang terjadi di Jawa Tengah. Di provinsi yang sampai saat ini dilaporkan telah memiliki 140 orang pasien positif corona ini, setidaknya terdapat 24.240 pekerja harus kehilangan pekerjaan karena terdampak wabah corona.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Gubernur Jawa Tengah, Gandjar Pranowo di Semarang pada Selasa (07/04/2020) malam kemarin.

Dihadapan awak media, Gandjar menyatakan meminta pekerja yang terkena PHK agar mendaftar Kartu Pra Kerja di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten atau Kota setempat.

“Ini program dari pemerintah pusat yang dapat dimanfaatkan,” ujarnya.

Ganjar menjelaskan Pemerintah Provinsi Jateng menyiapkan anggaran Rp 1,4 triliun untuk penanganan wabh Corona dan penyakit Covid-19. Anggaran tersebut dialokasikan untuk kesehatan, ekonomi, dan jaminan sosial.

Ganjar lalu menjelaskan bahwa untuk dapat mengantongi Kartu Pra Kerja tak membutuhkan banyak syarat.

Pertama, pemohon Warga Negara Indonesia, berusia minimal 18 tahun. dan tidak tengah mengikuti pendidikan formal.

Pemegang Kartu Pra Kerja akan memperoleh sejumlah kemudahan.

Ganjar menyebutkan, mereka bakal mendapat pelatihan dengan anggaran Rp 1 juta, uang saku Rp 2,4 juta per bulan, dan uang survei Rp 150 ribu.

Jawa Tengah, dia melanjutkan, memiliki kuota Kartu Pra Kerja untuk 421.705 orang dengan total anggaran Rp 1,49 triliun. Namun, sampai saat ini baru 19 ribu yang terdaftar.

“Belum ada 5 persen. Jadi peluang masih terbuka.” pungkasnya. []

Advertisement