“Ada Dokter di Sini?” Teriak Pramugari Saat Pilot Cathay Pasific Tiba-Tiba Lumpuh Waktu Menerbangkan Pesawat

Prime Banner

ApakabarOnline.com – Suasana panikterjadi di dalam pesawat Cathay Pacific, yang terbang menuju Hong Kong. Pilot tiba-tiba lumpuh,  dan pramugari menghambur ke penumpang meminta bantuan.

Airbus 350 milik Cathay Pacific, sisa satu jam penerbangan ke Hong Kong dari Perth, Australia pada 21 Februari. Saat itu, posisi di atas Manila.

Tiba-tiba, pilot mengalami kesulitan bernapas dan penglihatannya menjadi kabur. Kopilot langsung mengambil alih komando. Demikian diungkap sebuah laporan oleh Otoritas Investigasi Kecelakaan Udara.

Pramugari kemudian ke kabin. Di depan 270 penumpang, dia mencari siapa yang bisa melakukan pertolongan medis. “Ada dokter di sini,” tanyanya.

Seorang penumpang yang merupakan seorang profesional medis, kemudian berdiri angkat tangan. Dia bergegas membantu. Pilot diberi bantuan oksigen, sementara seorang dokter perusahaan memberi saran dari Hong Kong.

Kontrol lalu lintas udara Hong Kong dipanggil dan pan-pan – panggilan darurat di bawah mayday – diumumkan.

“Pesawat kemudian turun ke ketinggian yang lebih rendah, untuk mengurangi tekanan kabin untuk membantu pernapasan pilot,” kata laporan itu.

Tepat setelah jam 7 pagi waktu setempat, pesawat mendarat di bandara Hong Kong tempat paramedis menunggu untuk merawat kapten.

Pilot yang memiliki 25.000 jam terbang dan 97 jam waktu komando untuk model pesawat.

 

Sertifikat medisnya adalah kelas 1.

Peristiwa serupa yang melibatkan kapten maskapai penerbangan Cathay Pacific lainnya, terjadi pada 26 Januari dalam penerbangan antara Sapporo dan Hong Kong.

Kapten di pesawat CX583, yang membawa 348 penumpang dan 16 kru, menderita kehilangan penglihatan mendadak.

Ini berlangsung sekitar setengah jam dan kopilot harus mengambil kendali atas Boeing 777, di sebelah barat Taiwan, menurut laporan awal.

Otoritas, yang menyatakan kedua peristiwa ‘ketidakmampuan awak pesawat’ sebagai ‘insiden serius’, mengatakan tim investigasi sedang berusaha untuk menentukan penyebabnya.

“[Otoritas] akan terus mengumpulkan dan mempelajari semua informasi yang relevan, untuk menentukan keadaan dan penyebab insiden serius,” kata seorang juru bicara.

“Investigasi dan analisis yang lebih mendalam harus dilakukan, sebelum kesimpulan dapat diambil.”

Seorang juru bicara Cathay Pacific mengatakan kepada The Star Online, “Keselamatan adalah dalam pertimbangan semua yang kami lakukan dan dalam setiap kasus, kru operasi bertindak sesuai dengan prosedur operasi standar Cathay Pacific mengenai ketidakmampuan pilot.”

Dia menambahkan, maskapai akan bekerja sama dengan investigasi sepenuhnya. []

You may also like...