June 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Agar Bisa Semakin Bersaing di Pasar Global, Pemerintah Terus Mendorong Peningkatan Kompetensi PMI

1 min read
Direktur Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Kementerian Tenaga Kerja, Rendra Setiawan (Foto Naker)

Direktur Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Kementerian Tenaga Kerja, Rendra Setiawan (Foto Naker)

JAKARTA – Pemerintah sangat mendukung upaya untuk mempersiapkan tenaga kerja Indonesia yang memiliki kompetensi, sehingga mampu bersaing di kancah pasar kerja global.

Direktur Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Kementerian Tenaga Kerja, Rendra Setiawan mengatakan saat ini ada banyak sekali peluang kerja di luar negeri yang dapat diisi oleh para PMI.

“Untuk bisa mengisi peluang tersebut penting bagi PMI memiliki skill, terutama soal bahasa. Kami sangat mendukung pihak-pihak yang mau membantu para pekerja agar memiliki kemampuan bahasa maupun teknis yang sesuai standar internasional,” ungkap Rendra di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Menurutnya untuk di Asia Pasifik, peluang kerja terbanyak ada di Jepang dan Korea. Peluang kerja itu ada disemua sektor dari mulai ground handling di bandara sampai dengan pertanian cukup terbuka.

“Untuk di Eropa ada di industri dan bidang-bidang pertanian. Di Timur Tengah di bidang migas dan hospitality juga sangat dibutuhkan,” lanjutnya.

Lebih lanjut Direktur Utama, Elite International, Dina Carol menilai sumber daya Indonesia saat ini tengah menjadi primadona di kancah internasional karena mereka memiliki perilaku dan kinerja yang baik.

“Sayangnya seringkali kita tersandung dengan hard skill kemampuan bahasa asing yang masih kurang, terkadang hanya karena masyarakat kita tidak memiliki kesempatan untuk belajar dan menggunakan bahasa asing tersebut padahal dari pengalaman yang sudah sudah, sumber daya Indonesia ini adalah fast learner dalam banyak hal,” katanya.

Untuk itu dia meyakini kerja sama dengan Kemenaker akan banyak membantu masyarakat Indonesia untuk dapat meraih kesempatan lebih besar untuk bersaing dipercaturan peluang kerja dunia. []

Advertisement
Advertisement