July 24, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Amalan Utama Sepertiga Terakhir Bulan Ramadhan

1 min read

JAKARTA – Sepuluh hari terakhir bulan Ramadan memiliki banyak keutamaan. Makanya umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal saleh, khususnya dalam menyambut Malam Lailatul Qadar.

Dikutip dari kemenag.go.id, salah satu hadis yang menunjukkan keutamaan 10 hari terakhir bulan Ramadan adalah, “Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan Ramadan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut. (HR. Muslim).

Hadis ini menunjukkan keutamaan semangat beribadah di 10 hari terakhir Ramadan. Hadis ini menceritakan sosok baginda Nabi Muhammad SAW sebagai manusia yang paling giat dalam meraih ridha Allah SWT dengan bersungguh-sungguh memanfaatkan waktu-waktu penuh keutamaan dengan meningkatkan kualitas ketaatan, beribadah, bertaqarrub, beritikaf, dan mengajak anggota keluarga untuk beribadah.

Kesungguhan Nabi Muhammad SAW beribadah di 10 hari terakhir Ramadan melebihi kesungguhan beribadah di waktu selainnya.

Lantas, apa saja amalan yang utama dilakukan di 10 hari terakhir bulan Ramadan?

Melansir jabar.nu.go.id, disebutkan dalam Kitab Fathul Mu’in tiga amalan utama yang mesti dilakukan pada sepuluh akhir Ramadan adalah pertama memperbanyak sedekah, mencukupi kebutuhan keluarga, dan berbuat baik kepada karib-kerabat dan tetangga.

Kedua, memperbanyak membaca Al-Qur’an. Imam An-Nawawi menjelaskan, membaca Al-Qur’an di akhir malam lebih baik ketimbang awal malam dan membaca Al-Qur’an yang paling baik di siang hari adalah setelah salat subuh.

Ketiga, memperbanyak itikaf. Hal ini sesuai dengan kebiasaan Rasulullah yang meningkatkan ibadah dengan cara beritikaf di masjid pada sepuluh akhir Ramadan.

Nah, itulah beberapa amalan utama yang sebaiknya dilakukan umat Islam saat memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan. Semoga bermanfaat.  []

Advertisement
Advertisement