June 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

April 2024 Menjadi April Terpanas di Hong Kong Dalam 140 tahun Terakhir

2 min read

HONG KONG – Otoritas pemangku cuaca di Hong kong (Hong Kong Observatory) mencatat, suhu udaha bulan April 2024 kemarin menjadi April terpnas sejak 140 tahun terakhir. Suhu rata-rata berada di posisi 26,4 derajat celcius.

“Musim panas belum tiba tetapi April sudah memecahkan rekor suhu terpanas,” rilis Hong Kong Observatory, Kamis, 2 Mei 2024.

Kota subtropis di Tiongkok ini menghadapi panas ekstrem dalam beberapa tahun terakhir, dengan suhu pada April kemarin yang terpanas sejak 1884.

Pada 27 April 2024, suhu udara Hong Kong menjadi suhu udara harian di bulan April, termasuk rata-rata harian tertinggi sebesar 28,8 derajat Celcius, dan suhu terendah harian tertinggi sebesar 27,7 derajat Celcius.

Sebaliknya, antara tahun 1991 dan 2020, suhu rata-rata harian di bulan April adalah antara 21,1 derajat Celcius dan 25,6 derajat Celcius.

Sementara itu, sejumlah negara di Asia Selatan dan Tenggara menangguhkan kelas tatap muka di tengah sengatan cuaca panas ekstrem belakangan ini.

Pihak berwenang di sejumlah negara tersebut telah mengeluarkan peringatan kesehatan, dan sebagian masyarakat ‘mengungsi’ ke taman atau pusat perbelanjaan untuk mencari udara yang lebih sejuk.

Gelombang cuaca yang sangat panas melanda Asia Selatan dan Tenggara sejak sepekan terakhir, dengan suhu tertinggi mencapai 45 derajat Celcius. Kondisi ini memaksa ribuan sekolah meminta siswanya untuk tinggal di rumah.

Hari Minggu kemarin, Filipina mengumumkan penangguhan kelas tatap muka luar jaringan (luring/offline) di semua sekolah negeri selama dua hari. Keputusan ini diambil setelah hari yang sangat panas memecahkan rekor temperatur di ibu kota Manila.

Di Thailand, di mana setidaknya 30 orang telah meninggal akibat serangan panas sepanjang tahun 2024, departemen meteorologi memperingatkan adanya “kondisi buruk” setelah suhu di provinsi utara melebihi 44,1 derajat Celcius pada Sabtu lalu.

Sementara di Kamboja, Myanmar, Vietnam, India dan Bangladesh, badan prakiraan cuaca memperingatkan bahwa suhu udara bisa melebihi 40 derajat Celcius dalam beberapa hari mendatang. Masyarakat diminta mewaspadai suhu panas menyengat dan kelembaban yang menyesakkan pernapasan. []

Advertisement
Advertisement