November 28, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Banjir Bandang dan Tanah Longsor Terjang Cianjur, Ratusan Warga Menyelamatkan Diri

1 min read
Prime Banner

CIANJUR – Banjir bandang menerjang Desa Mekarsari, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat hingga hingga setinggi 2 meter. Sedikitnya 60 kepala keluarga atau ratusan jiwa mengungsi pasca-banjir yang dipicu luapan air sungai akibat hujan deras itu.

Koordinator Relawan Tangguh Bencana (Retana) BPBD Kecamatan Agrabinta Ramlan menyebutkan, warga yang terdampak untuk sementara di evakuasi ke tempat aman. Sebagian warga juga dievakuasi ke kebun kopi milik PTPN dan banjir juga sempat memutus akses jalan yang terendam banjir dan tertutup material longsor.

“Kita di lapangan masih menunggu bantuan personel dan relawan dari kabupaten dan provinsi,” ujar Ramlan kepada wartawan, Sabtu (03/10/2020).

Ramlan mengatakan untuk banjir bandang di wilayah Agrabinta sedikitnya ada empat desa yang terdampak.

“Di antaranya Desa Mekarsari dan Sukamanah. Sejauh ini korban jiwa nihil,” katanya.

Sebelumnya, terdapat dua wilayah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yakni Leles dan Agrabinta diterjang banjir bandang, Sabtu (03/10/2020). Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa.

Banjir dipicu akibat tingginya intensitas hujan yang mengakibatkan aliran sungai meluap dan masuk ke permukiman penduduk. Banjir bandang dan longsor mengakibatkan akses jalan sempat terputus akibat terendam banjir dan.tertutup material longsor.

Petugas di lapangan masih menunggu bantuan alat berat untuk membershikan material longsor yang menutup badan jalan. []

Advertisement