December 4, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Baru Melahirkan, Masih Keluarkan ASI, PMI ini Disuruh Pulang Kampung Sama Majikan

2 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Pernah dengar cerita ini? Seorang ibu Arab Saudi yang terkena kanker stadium  empat dan seorang PRT asing asal Indonesia. PMI yang berprofesi menjadi PRT ini baru sepekan bekerja di rumah itu. Rajin sekali. Juragan sangat senang, termasuk juragan perempuan yang terkena kanker itu.

Namun ada yang aneh yang diperhatikan ibu juragan itu. Dia heran setiap ke kamar mandi, pembantu dari Indonesia itu selalu lama. Tak tahan, dia bertanya. PMI itu menangis. Dia cerita sejujurnya bahwa sebetulnya baru melahirkan bayi di Indonesia. ASInya keluar terus. Sakit kalau tidak dikeluarkan.

Apa yang dilakukan juragan wanita Arab itu? Menyuruhnya pulang. Dia membelikan tiket  plus gaji 5 tahun sesuai kontraknya. Bayangkan, baru kerja seminggu, digaji 5 tahun.

Dua ibu itu bertangisan. Berpelukan. Ada yang luar biasa dari peristiwa ini. Ibu Arab itu merasa senang. Hatinya sangat plong. Adanya cuma senang terus. Happy bisa menolong sesama. Perasaan senang yang terus menerus  ini membawa keajaiban. Miracles. Setelah dites, kankernya hilang. Dia dan dokternya sama-sama heran. Masya Allah.

Penjelasan ilmiahnya bagaimana? Itulah hubungan antara Love, Medicine, and Miracles yang diteliti oleh dokter onkologi Bernie Siegel yang kemudian ditulis oleh Prof Dr dr Abdurrahman, guru besar FK Unair dan Dewan Pakar IDI Jatim di Republika, 24 Maret 2020 lalu.

 

Treatment Penderita Kanker

Siegel, menurut Abdurachman, meneliti 57 wanita yang terkena kanker payudara. Treatmentnya: semua disuruh melakukan kegiatan yang altruistik, mengerjakan kebaikan untuk sesama, termasuk binatang dan tanaman.

Terapinya seperti membuka hari lewat senyum. Bersyukur  telah telah diberi umur satu hari lagi. Lalu, mengucapkan salam kepada siapa saja yang ditemui, merawat tanaman, memelihara hewan kesayangan, membantu siapa pun yang  perlu uluran tangan. Syaratnya satu: ikhlas seikhlas ikhlasnya. Makin terlatih, makin ikhlas.

Hasil penelitian Siegel ini ternyata imunitas pasien meningkat. Bisa menahan laju pertumbuhan sel kanker yang ganas. Hasil penelitiannya jadi buku: Love, Medicne, and Miracles. Langsung jadi best seller internasional. Dicetak berkali-kali dalam berbagai bahasa.

Bernie S.Siegel MD menyimpulkan, unconditional love is the most powerful stimulant of the immune system. The truth is: love heals. Miracles happen to exceptional patiens everyday.

Cinta tulus adalah stimulan sistem imun yang luar biasa. Fakta adalah: cinta itu menyembuhkan, keajaiban terjadi kepada pasien yang luar biasa memberikan cintanya yang tulus dan ikhlas.

Cukup dengan cinta tulus ikhlas. Tak perlu obat. Sebab cinta yang tulus itu, menurut Dr Siegel, adalah obat itu sendiri. Syaratnya satu: unconditional love. Cinta yang tidak pakai embel-embel. Alias cinta yang paling tulus. Kepada siapa saja: orang tua, suami, istri, anak, cucu, sesama, bahkan juga kepada tanaman, binatang dan bumi ini. Salam! []

Sumber PWMU Jawa Timur

Advertisement