May 31, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Beberapa Bahaya Mencabut Bulu Hidung

2 min read

JAKARTA – Beberapa orang ada yang hobi mencabut bulu hidung, karena dinilai menganggu penampilan saat terlalu tebal maupun menjulur atau nyerongot keluar lobang. Namun, tahukah anda, bahwa kebiasaan mencabut bulu hidung mengganggu kesehatan ?

Dilihat dari unggahan Instagram dr. Muslim Kasim, bulu hidung sebenarnya berfungsi untuk menjaga kelembapan, terutama menyaring udara yang masuk ke pernapasan kita.

Bulu hidung sendiri dapat menyaring partikel debu dan kuman dalam udara yang terhirup, sehingga saluran napas kita terlindungi dari kuman.

 

Bahaya cabut bulu hidung

Nah, perlu untuk kamu ketahui beberapa bahaya yang bisa terjadi karena kebiasaan mencabut bulu hidung, di antaranya ialah:

 

  1. Mimisan

Mencabut bulu hidung sering dapat menyebabkan mimisan, ini karena saat mencabut bulu hidung sering kali menyenggol pembuluh darah yang ada, sehingga mengakibatkan mimisan.

 

  1. Infeksi hidung

Perlu untuk kamu ketahui bahwa mencabut bulu hidung sama saja dengan membuka pintu kuman untuk masuk, sehingga hal ini dapat menginfeksi ke dalam tubuh.

 

  1. Radang paru-paru

Dengan tercabutnya bulu hidung, itu artinya kamu kehilangan faktor pertahanan terhadap debu, kuman dan kotoran dalam udara yang dihirup.

Akibatnya kotoran dan kuman akan mudah masuk ke dalam saluran pernapasan dan memicu peradangan saluran pernapasan, termasuk radang paru-paru.

 

  1. Infeksi otak

Infeksi yang terjadi di hidung bisa berujung pada meningitis atau abses otak. Kasus ini memang jarang terjadi, tapi mungkin saja terjadi pada orang dengan sistem gangguan kekebalan tubuh dan ini akibatnya sangat fatal.

 

  1. Gangguan pertumbuhan bulu hidung

Mencabut bulu hidung bisa membuat pertumbuhan bulu tersebut mengalami masalah. Bulu hidung yang bermasalah tidak akan tumbuh ke arah luar, tapi justru tumbuh ke dalam. Keadaan ini bisa menyebabkan peradangan pada hidung. []

Advertisement
Advertisement