November 28, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Bermaksud Tingkatkan Pembangunan Ekonomi, Bappenas Kunjungi Desa Kantong PMI

2 min read
Prime Banner

CIAMIS – Kementrian PPN/Kepala Beppenas Gugus Tugas kementrian PPN melakukan kunjungan kerja ke Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tujuannya, dalam rangka tingkatkan pembangunan ekonomi Jawa Barat, Jumat, (23/11/2020).

Desa Sukajadi merupakan salah satu binaan Desa Desmigrasi PMI (pekerja Migran Indonesia). Saat ini, Desa Sukajadi merupakan salah satu desa yang penduduknya paling banyak bekerja sebagai pekerja migran di berbagai negara penempatan. Jumlahnya 29 orang masih aktif bekerja  dan 97 orang sudah Purna.

Kasubid Direkotrat Tenaga Kerja dan Kesempatan Kerja kementerian PPN/BAPPENAS RI, Muhamad Ikbal Abas mengatakan kegiatan ini dalam rangka mengunjungi Desa Desmigratif Tasikmalaya, Ciamis dan Garut. Hal itu bertujuan  Untuk mensinergikan pembangunan dan tingkatkan ekonomi Jawa Barat.

“Untuk meningkatkan nilai tambahan kegiatan yang telah kita laksanakan. Kita tidak bisa melaksanakannya sendiri. Tentu Harus ada kolaborasi agar tujuan dalam setiap pembangunan bisa berjalan sesuai harapan, terutama dalam bidang ekonomi,” ucapnya.

Ikbal mengatakan pihaknya mendatangi  Desa Desmigratif untuk melihat perkembangan pembangunannya. Pihaknya pun akan melakukan evaluasi apabila ada kekurangan-kekurangan selama ini.

“Kami kesini juga untuk mendengar aspirasi dari masyarakat, apa kebutuhan untuk meningkatkan potensi usaha saat ini. Seperti apakah kegiatan UMKM, lalu proses hingga pemasaran itu juga kita lihat,” ucapnya.

Menurutnya, dalam tingkatkan pembangunan ekonomi, pihaknya perlu melakukan kolaborasi dan kerjasama sesuai tugasnya masing-masing. Selain itu, dengan kolaborasi dapat mengatasi kendala dan kesulitan yang masyarakat pekerja migran indonesia hadapi.

“Target kita akan terus memperbanyak UMKM di masyarakat. Makanya pada desa migran produktif ini ada pilar-pilarnya, seperti pilar dua meningkatkan usaha produktifitas, serta pilar ke empat untuk operasi . Agar para PMI ini tidak kembali keluar negeri dan bisa hidup lebih sejahtera. Kita perlu memperluas usaha produktif,” pungkasnya. []

Sumber Harian Rakyat

Advertisement