September 24, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Berpusat di Daratan, Gempa 6.1 SR Guncang Xinjiang

1 min read

HONG KONG – Gempa berkekuatan 6,1 skala richter mengguncang Kabupaten Shaya, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, Tiongkok barat laut, pada Senin (30/01/2023) pukul 07.49 waktu Beijing di kedalaman 50 kilometer, menurut Pusat Jaringan Gempa Tiongkok (CENC). Media Tiongkok CGTN, melaporkan.

Gempa juga dilaporkan Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC). Lembaga ini mencatat, gempa tersebut berkekuatan 5,8 dan berada di kedalaman 33 km.

Menurut catatan CENC yang dikutip China Daily,episentrum gempa terpantau di 40,01 derajat lintang utara dan 82,29 bujur timur.

Untungnya, lokasi pusat gempa di area yang tidak berpenduduk, 105 km dari kota Alaer dan 141 km dari kabupaten Shaya. Gempa dirasakan di sekitar area tersebut, namun sejauh ini tidak ada laporan kerusakan property, menurut pemerintah setempat.

Sebanyak 15 kendaraan dan 70 petugas penyelamatan dari departemen kebakaran dan penyelamatan di prefektur itu telah menuju lokasi bencana. Tim yang terdiri dari 10 petugas dari departemen kebakaran di daerah itu sedang menyusuri area pusat gempa dengan dua kendaraan.

Pengoperasian listrik daerah setempat, aktivitas produksi minyak dan gas serta perusahaan petrokimia yang penting di area tersebut tidak terdampak gempa. []

Advertisement
Advertisement