October 25, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Bertambah Banyak, 56 dari 5.898 PMI yang Pulang ke Jawa Timur Positif Corona

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

SURABAYA – Pasien positif Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya bertambah, menyusul dilakukannya swab PCR terhadap 5.524 Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Dari jumlah itu, total secara kumulatif pekerja migran yang positif saat ini sebanyak 56 orang.

Penanggung Jawab RSLI Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengatakan yang dirawat di RSLI sebanyak 53 orang, sedangkan sisanya dirawat di rumah sakit lain.

“Kami berharap mereka benar-benar terpantau dan patuh menjalani isolasi hingga 14 hari sebelum kembali berkumpul dengan keluarganya,” kata dia, Jumat (07/05/2021).

Nalendra memerinci sejak Jumat pagi, jumlah pekerja migran yang dirawat di RSLI sebanyak 40 orang. Kemudian pukul 13.00 WIB bertambah sepuluh orang. Sore harinya bertambah tiga orang.

“Asal mereka masih didominasi dari penerbangan Malaysia, Singapura, Hongkong, dan Brunei Darussalam. Dua lainnya dari Belanda melalui penerbangan via Malaysia,” beber dia.  Berdasarkan data yang dimiliki Nalendra, sampai saat ini sudah sebanyak 5.896 pekerja migran yang masuk ke Jatim dipusatkan di Surabaya.  Mereka kebanyakan berasal dari Pulau Madura yaitu Sampang, Pamekasan, Bangkalan, dan Sumenep dengan jumlah sepertiga dari total PMI.

“Sisanya dari kota lain merata berbagai daerah di Jawa Timur, yakni Jember, Probolinggo, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Tuban, Nganjuk, Pacitan, Tulungagung, Malang, Ngawi, Lumajang, Lamongan, Blitar dan masing-masing satu orang dari Jepara, Kendal, Kudus (Jawa Tengah), Sleman (DIY) dan Lombok,” pungkas Nalendra. [JPNN]

 

 

 

Advertisement
Advertisement