May 9, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Bertambah Lagi, Sampai Kini Sudah 523 Permohonan Visa PRT Asing Ditolak

1 min read
Foto cc.on.hk

Foto cc.on.hk

Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG – Ditengah situasi pandemi covid-19 yang mendera Hong Kong, departement Imigrasi kembali merilis informasi terkait dengan ditolaknya permohonan visa pekerja rumah tangga pada 523 pemohon.

Data tersebut meningkat lebih banyak dibanding jumlah pada sebulan sebelumnya yang berada di kisaran tiga ratusan.

Dalam perinciannya kemarin (02/04/2021), 523 penolakan tersebut terjadi dalam periode Januari 1012 hingga akhir Maret 2021.

Dalam keteranganyang dirilis berbagai media lokal Hong Kong, Imigrasi menyatakan penolakan tersebut merupakan akibat dari beberapa kondisi yang tidak bisa disetujui, seperti pelanggaran terhadap aturan kontrak kerja yang diberlakukan selama pandemi terjadi.

Sering Berganti Majikan, 355 Permohonan Visa Ditolak Imigrasi Hong Kong

Salah satu kebijakan yang dikeluarkan otoritas Hong Kong ditengah situasi ini adalah melakukan screening ketat pada permohonan visa PRT asing oleh Imigrasi.

Hal tersebut dilakukan menyusul situasi ekonomi warganya secara umum, akan terbebani jika harus berganti-ganti PRT baru secara finansial.

Sebelumnya, otoritas Hong Kong menyarankan kepada seluruh PRT asing agar menahan diri untuk tidak berganti-ganti majikan menyusul keprihatinan terhadap situasi sosial saat ini.

Menyikapi Pandemi, Pemerintah Hong Kong Umumkan Point Point Penting Untuk PRT Asing

Melalui Labour Departement, pemerintah Hong Kong menandaskan bagi PRT asing yang menyalahgunakan pemutusan kontrak kerja sebelum waktunya dapat mengakibatkan permohonan visa setelahnya akan ditolak. []

Advertisement
Advertisement