June 25, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Bertambah Lagi, Sejak 28 April, Sudah 117 PMI yang Pulang ke Jatim Positif Corona

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

SURABAYA – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya, mencatat sampai dengan, Kamis (27/05/2021) menemukan sebanyak 117 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang dari luar negeri, terkonfirmasi positif Covid19, mereka pahlawan devisa negara tersebut berasal dari Provinsi Jawa Timur maupun provinsi lain di Indonesia yang tiba di Surabaya.

Perwira Jaga KKP, dr. Deni Apriani mengatakan sebanyak 117 PMI yang terkonfirmasi positif Covid19 tersebut setelah dilakukan pemeriksaan tes swab oleh Satgas Covid19 Posko Pemulangan PMI sejak tanggal 28 April 2021 lalu. PMI yang positif Covid19 tersebut, sesuai dengan Standar Operasional Prosedur dikarantina atau dirawat di beberapa rumah sakit rujukan Covid19 seperti di Rumah Sakit Lapangan Jl.Indrapura Surabaya, RSUD dr. Soetomo Surabaya, AHES Zam ZAM bagi PMI yang berasal dari Kota Surabaya, RS Swasta di Surabaya, maupun dirujuk di Rumah Sakit Daerah yang ditangani oleh Pemerintah Daerah setempat sesuai asal daerah PMI tersebut.

Setelah dilakukan perawatan jika sudah sembuh maka diperbolehkan pulang kedaerah masing-masing, proses pemulangan ini difasilitasi ditangani oleh pemerintah daerahnya. “Dari 117 orang PMI yang positif Covid19, kedatangan sejak tanggal 28 April ini mayoritas dari data hasil pemeriksaan tes swab yang dilakukan di Posko Karantina Asrama Haji Surabaya kedatangan PMI melalui Bandara Juanda Sidoarjo” terang dokter Deni Apriani, Jumat (28/05/2021) pagi di Kantor Sekretariat KKP di Asrama Haji Surabaya. []

Advertisement
Advertisement