April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Betapa Istimewanya Seorang Mualaf

2 min read

JAKARTA – Dalam agama Islam, mualaf diartikan sebagai orang yang baru masuk Islam, baik itu laki-laki maupun perempuan. Beberapa alasan sesorang memutuskan untuk memeluk agama Islam. Di antaranya yaitu mendapat hidayah atau petunjuk dari Allah SWT.

Menurut pandangan agama Islam, seorang yang menjadi mualaf memiliki banyak keistimewaan. Berikut keistimewaan orang mualaf dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id dan bmh.or.id:

 

  1. Mendapatkan ampunan dosa

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa menjadi muallaf adalah salah satu anugerah terbesar dan hidayah dari Allah SWT. Karena tidak semua orang bisa mendapatkan dan merasakan kesempatan tersebut. Salah satu keistimewaan yang diberikan oleh Allah kepada muallaf adalah mendapatkan ampunan dosa.

 

  1. Jauh dari kerugian

Seseorang bagaimana pun kebaikan yang ia lakukan, namun ia masih menjadi orang kafir maka ia tetal berada dalam kerugian karena amalannya akan terhapus. Dengan menjadi seorang mualaf, maka ia akan terbebas dari hal tersebut. Seorang mualaf akan mendapatkan balasan pahala atas kebaikan yang ia lakukan.

 

  1. Terhindar dari perbuatan yang sia-sia

Orang kafir hanya menjalani kehidupan yang sia-sia meskipun dia berbuat baik selama hidup. Sehingga orang mualaf akan terhindar dari perbuatan yang sia-sia. Bahkan jika ia menjadi seorang muslim yang istiqomah dan taat kepada syariat. Maka Allah akan membalasnya dengan pahala dan kebaikan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

 

  1. Dihapus keburukannya

Segala dosa dan keburukan seorang mualaf akan dihapus oleh Allah SWT. Kebaikan ia lakukan akan mendapat pahala yang lebih, jika ia menjalankan kehidupan sesuai dengan syariat agama Islam. Bahkan Allah akan membalas sepuluh kali lipat sampai 700 kali lipat. Adapun jika ia melakukan satu keburukan maka akan dibalas dengan sama, kecuali Allah mengampuninya.

 

  1. Terhindar dari azab

Seorang mualaf menjadi seperti orang yang baru lahir. Maka dari itu ia akan terhindar dari azab yang pedih karena dia telah keluar dari jalan yang sesat.

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir sekiranya mereka mempunyai apa yang di bumi ini seluruhnya dan mempunyai yang sebanyak itu (pula) untuk menebus diri mereka dengan itu dari azab hari kiamat, niscaya (tebusan itu) tidak akan diterima dari mereka, dan mereka beroleh azab yang pedih.” (QS Al Maidah : 36).  []

Advertisement
Advertisement