April 17, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Bukan Pertanda Menahan Kangen, Jerawat di Wajah Pertanda Gangguan Kesehatan

2 min read

JAKARTA – Timbulnya jerawat di beberapa area wajah sangat mengganggu. Jerawat jadi masalah kulit yang umum terjadi pada siapa saja dan tidak hanya membuat penampilan menjadi kurang sedap dipandang, jerawat di wajah juga mengurangi rasa percaya diri. Di beberapa area wajah, jerawat juga dapat menimbulkan rasa nyeri yang menjadikan aktivitas terganggu.

Perlu diketahui, ternyata posisi jerawat di wajah dapat menandakan ada bagian tubuh yang bermasalah atau terganggu kesehatannya. Untuk itu, hanya dari posisi jerawat kamu sudah bisa tahu kalau ada bagian tubuh yang bermasalah.

Dilansir dari halodoc.com dan health.detik.com, berikut letak jerawat di wajah dan kaitannya dengan masalah kesehatan:

 

Jerawat di Dahi

Munculnya jerawat di area dahi bisa terjadi karena pori-pori di area dahi dan sekitarnya tertutup atau tersumbat. Tidak hanya itu, penggunaan produk perawatan rambut seperti sampo atau kondisioner bisa menjadi penyebab jerawat.

Penyebab lain yang mungkin adalah stres. Stres menjadi pemicu utama hampir semua masalah kesehatan. Nah, jerawat di bagian dahi ini berkaitan dengan saluran pencernaan. Jadi, untuk menghindarinya, kurangi makanan berlemak dan perbanyak asupan air putih.

 

Di Antara Alis

Jerawat di area ini bisa disebabkan karena masalah yang terjadi pada hati. Konsumsi gula dan alkohol yang berlebihan bisa jadi pemicunya. Ini juga pertanda bahwa antioksidan alami di tubuh berkurang.

Cara mengatasinya dengan makan makanan yang sehat. Pilih makanan yang ringan seperti semangka atau timun dan hindari makanan yang terlalu banyak mentega dan gula.

 

Jerawat di Hidung

Hidung terhubung dengan jantung, jadi, jika kamu punya jerawat yang tumbuh di area hidung, artinya ada masalah kecil yang terjadi dengan organ jantungmu. Bisa juga, ini terjadi karena hobi konsumsi daging dan makanan pedas. Tidak hanya itu, area ini penuh dengan pori-pori yang lebar, yang berarti riasan yang tidak dibersihkan dengan baik juga memicu terjadinya jerawat di area ini.

 

Jerawat di Dagu dan Rahang

Ternyata, letak jerawat di dua area ini terkait dengan masalah ketidakseimbangan hormon. Perubahan hormon menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari. Kamu hanya bisa mencegahnya dengan kebiasaan hidup sehat, seperti istirahat cukup, banyak minum air putih, konsumsi buah dan sayuran, dan menjaga kebersihan kulit.

 

Pipi

Adanya kelainan metabolik, masalah paru-paru dan kurang asupan nutrisi ditandai dengan adanya jerawat di pipi. Perubahan warna pada pipi juga menandakan metabolisme yang buruk dan penyerapan nutrisi yang rendah seperti asam folat dan zat besi.

Selain itu, penting untuk diketahui bahwa jerawat di pipi mungkin disebabkan oleh ponsel atau sarung bantal yang kotor atau terlalu sering menyentuh wajah. Pastikan untuk menjauhkan tangan yang kotor dari wajah dan gunakan seprei yang bersih.

 

Jerawat di Telinga

Jarang terjadi, tapi jerawat yang muncul di telinga ini memang sangat mengganggu. Area telinga terhubung dengan ginjal, jika muncul jerawat di area ini, bisa jadi asupan cairan tubuh belum terpenuhi. Mungkin juga karena sering minum kopi atau konsumsi minuman bersoda.  []

Advertisement
Advertisement