June 14, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Ingin Rumahmu Terbebas dari Nyamuk ? Hindari Menggunakan Warna-Warna Cat Berikut Ini

2 min read

JAKARTA – Sebelum mengecat rumah, ada baiknya memperhatikan terlebih dahulu warna apa yang akan di aplikasi di dinding rumah. Selain menambah estetika rumah, pemilihan warna sendiri juga berdampak pada serangga pengisap darah seperti nyamuk.

Warna yang mencolok pada rumah juga bisa mengundang kehadiran nyamuk. Nyamuk biasanya berkembang biak di area-area rumah yang kotor, tempat lembap, gelap, kolong tempat tidur, gantungan pakaian, serta terdapat genangan air dan tanaman, seperti kolam ikan.

Tentu saja, kehadiran nyamuk tak diinginkan pemilik rumah mana pun. Pasalnya, kemunculan nyamuk di rumah tak hanya mengganggu, tapi juga menyebabkan penyakit, seperti demam berdarah dan malaria.

 

Berikut warna yang perlu dihindari di antaranya:

  1. Hitam

Mengutip Kompas.com, ide ruang tamu hitam dan putih mungkin memiliki kualitas estetika tersendiri, namun tentu saja memiliki daya tarik tersendiri bagi nyamuk. Seperti diketahui, nyamuk senang hidup di tempat-tempat gelap. Ini juga berlaku untuk warna gelap, seperti hitam.

 

  1. Biru tua

Biru tua juga menjadi warna cat yang dapat menarik nyamuk masuk ke rumah. Biru tua menarik perhatian nyamuk, warna-warna gelap dan jenuh lainnya juga memiliki efek sama.

Biiru tua (dan warna-warna lain yang serupa) menarik bagi makhluk yang mendeteksi panas, yang diserap dan ditahan oleh warna-warna lebih gelap. Karena itu, nyamuk cenderung menyelidiki inang potensial karena inang, seperti manusia, juga mengeluarkan panas.

Sebaliknya, Anda bisa mengaplikasikan warna berikut ini:

 

  1. Pulasan biru kehijauan

Melansir berita99.co, sama seperti anjing dan kucing, nyamuk juga tidak memiliki kemampuan untuk mengenal dan membedakan warna, alias buta warna.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, warna-warna cerah di rumah tidak memiliki kemampuan untuk mengikat gas CO2. Semakin terang spektrum warnanya, tentu akan semakin banyak menangkal penyerapan gas ini.

 

  1. Kuning kecoklatan

Warna kuning kecoklatan atau sering disebut sebagai warna khaki memang cukup sering dijadikan pilihan utnuk memulas dinding, terlebih untuk rumah-rumah dengan nuansa tradisional.

Walau terkesan sedikit gelap, ternyata warna ini ampuh menangkal nyamuk untuk masuk ke rumahmu. Jadi, pastikan warna cat yang dibenci nyamuk ini tidak luput dari pilihan kamu.

 

  1. Kuning

Menurut studi, kuning meruapakan warna yang paling sulit diidentifikasi nyamuk karena sangat membingungkan mereka. Merupakan pilihan yang sangat tepat jika kamu memilih jenis-jenis dekorasi dengan guratan kuning cerah untuk mempercantik rumahmu. []

Advertisement
Advertisement