November 26, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Cara Menjalankan Protokol Kesehatan PRT Asing di Singapura Menjadi Sorotan

1 min read

HONG KONG – Di beberapa negara, keberadaan PRT asing jumlahnya tidak bisa disepelekan. Populasi mereka bisa berjumlah ratusan ribu orang berasal dari beberapa negara asal pengirim.

Tak heran, jika beberapa negara membuat kebijakan tersendiri untuk melindungi dan mengatur pekerjaan mereka selama berada di negara penempatan. Seperti Hong Kong dan Singapura misalnya.

Dibawah pandemi COVID-19, populasi ratusan ribu PRT asingpun mendapat perhatian. Di Hong Kong, dari mulai mendapatkan hak untuk menjalani tes SWAB gratis, dukungan moril agar secara psikis kelelahan serta tekanan pekerjaan mereka meminimalkan resiko psikis pula dan bentuk bentuk kebijakan yang memberi perhatian lainnya.

Di Hong Kong, beberapa waktu lalu sering muncul ke permukaan, puluhan PRT asing yang sedang berkumpul di hari liburnya harus membayar denda karena kedapatan melanggar aturan yang diberlakukan selama masa pandemi, personal distance.

Namun berbeda halnya dengan di Singapura. Perilaku PRT asing yang sedang berlibur menjadi sorotan media lokal lantaran terpantau sama sekali tidak mengindahkan protokol kesehatan.

Dalam publikasi All Singapore Stuff kemarin (19/08/2020), kerumunan PRT asing tampak berada di sebuah taman, dimana mereka sama sekali tidak menjaga jarak personal dan banyak dari mereka yang membuka maskernya.

Publikasi All Singapore stuff tersebut menjadi viral perbincangan warganet Singapura. beragam komentar bermunculan terkait dengan perilaku mereka.

Sampai dengan saat berita ini diturunkan, setidaknya telah seribuan kali dibagikan dan 900-an komentar bermunculan. []

This slideshow requires JavaScript.

Advertisement
Advertisement