July 3, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Cara Rasulullah Mewujudkan Rumah Tangga Penuh Cinta

4 min read

JAKARTA – Menjaga keluarga harmonis dan bahagia memang bukan perkara mudah. Karena bukan tidak mungkin pasangan mengalami ujian kesabaran dan kesetiaan dalam rumah tangga.

Padahal, setiap pasangan suami istri pasti menginginkan hubungan rumah tangganya berjalan dengan harmonis hingga menciptakan keluarga yang Sakinah, Mawaddah wa Rahmah.

Mengutip oase.id, salah satu nasihat Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam tentang beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh suami kepada istrinya, berdasarkan hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dari Bahz bin Hakim, dari ayah dari kakek, yang artinya:

“Saya pernah bertanya kepada Rasulullah: wahai Rasulullah, terkait istri-istri kami apa yang wajib kami lakukan dan yang harus kami tinggalkan? Nabi pun menjawab: kamu boleh bersenggama dengannya sesuai selera kamu, berilah ia pakaian ketika kamu bisa berpakaian, dan janganlah mengolok-olok mukanya dan jangan memukul,”.

Menjaga komunikasi juga penting untuk membuat rumah tangga penuh cinta, dengan komunikasi yang baik pasangan suami istri akan mampu mengaspirasi keinginannya dengan baik. Sebuah riwayat yang diceritakan Ibnu Abbas, sebagai berikut:

Aku menginap di rumah bibiku, maimunah, (aku mendengar) Rasulullah berbincang-bincang dengan istrinya (maimunah) beberapa lama lalu beliau tidur.” (H.R. Bukhari Muslim).

Dalam membina rumah tangga, saling membantu sangat diperlukan. Banyak riwayat yang menyatakan bahwa Rasulullah adalah pribadi yang mandiri dan tidak ingin membuat istrinya repot.

Aisyah r.a pernah ditanya, “Apa yang dilakukan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam (jika) bersama istrinya di rumah)?”. Aisyah menjawab: “beliau sibuk membantu istrinya, dan apabila tiba waktu salat beliau bergegas melaksanakan salat” (H.R. Bukhari).

Dilansir dari orami.co.id, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan keluarga harmonis menurut Islam. Berikut ini beberapa tipsnya, seperti dikutip orami.co.id dari Azislam dan Productive Muslim.

 

  1. Memperkuat Hubungan dengan Allah Ta’ala

Jangan pernah melupakan Allah Ta’ala dalam setiap langkah yang kita ambil dalam hidup. Mintalah bantuan-Nya untuk menjaga keluarga kita tetap kuat dan harmonis.

Pasangan yang saling mencintai karena Allah juga akan semakin membuat rumah tangga bahagia dan harmonis, karena hubungan yang baik dengan Allah akan mempengaruhi hubungan yang baik juga dengan pasangan.

 

  1. Menjaga Ibadah

Pasangan suami istri dapat meraih kebahagiaan jika mereka taat berada di jalan Allah SWT dan saling mengingatkan dalam hal beribadah dan mengingatkan juga kewajiban pada Allah SWT.

 

  1. Saling Mencurahkan Perhatian

Mencurahkan perhatian ini maksudnya juga bisa saling ucapkan kata cinta dan sayang kepada pasangan. Hal ini memang terlihat sangat sederhana akan tetapi jika usia pernikahan telah lama, terkadang suami ataupun istri sudah jarang mengucapkan kata cinta dan sayang. Oleh karena itu sering-seringlah mengucapkan kata-kata sayang ataupun cinta kepada pasangan.

 

  1. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Kunci utama dari harmonisnya suatu keluarga yaitu adanya waktu luang untuk menghabiskan waktu bersama. Menghabiskan waktu berkualitas merupakan hal penting dalam menjaga ikatan keluarga.

Untuk apa Anda bersusah-susah mengumpulkan uang jika tidak mempunyai waktu untuk kumpul bersama keluarga. Oleh karena itu luangkan waktu untuk keluarga, meskipun hanya sebentar tetapi hal itu sangat berkesan dan akan membuat rumah tangga menjadi harmonis.

 

  1. Bersyukur

Rasa syukur juga merupakan salah satu pondasi memiliki rumah tangga dan keluarga yang harmonis. Dengan bersyukur, suami akan membuat istrinya berada di jalan yang benar, begitu pun sebaliknya.

 

  1. Bersabar

Terkadang, ujian atau konflik dalam rumah tangga tak bisa kita hindari. Karenanya suami dan istri sebaiknya saling jujur dan mempercayai satu sama lain. Bila salah satu pasangan berbuat kesalahan, pasangan lainnya harus bersabar menghadapinya.

 

  1. Memaafkan

Siapa pun yang memaafkan dan membuat rekonsiliasi, hadiahnya adalah [karena] dari Allah.” (QS. An-Nuur: 22).

Manusia membuat kesalahan dari waktu ke waktu pada manusia lain, termasuk keluarga mereka sendiri. Jika kita ingin keluarga tak terpisah, kita harus memaafkan mereka dengan hati yang besar.

“… dan biarkan mereka memaafkan dan mengabaikannya. Apakah Anda tidak suka bahwa Allah akan memaafkan Anda?” (QS. An-Nur: 22).

 

  1. Tidak Mudah Marah

“Orang yang kuat bukanlah orang yang dapat mengalahkan orang lain (dalam gulat); sebaliknya, pria yang kuat adalah orang yang mengendalikan dirinya ketika dia marah.” [HR. Ahmad].

 

  1. Mengetahui Tugas Sebagai Suami

Ada banyak tugas suami dalam rumah tangga agar harmonis, salah satunya yaitu membayar mahar, memperlakukan istri dengan baik dan memberikan nafkah, baik itu makanan, pakaian, maupun tempat tinggal.

Selain itu untuk membangun rumah tangga yang harmonis maka sebagai suami jangan sampai berbuat kasar terhadap istri dan juga tidak boleh pelit dalam menafkahi istri maupun anaknya.

Dan yang terpenting untuk membangun rumah tangga yang harmonis yaitu suami harus mengajarkan dan juga membimbing istri agar selalu taat kepada Allah SWT. Bahkan dikatakan bahwa orang mukmin yang sempurna imannya yaitu orang yang mempunyai akhlak yang baik terhadap istri dan juga keluarganya.

 

  1. Memahami Tugas Sebagai Istri

Beberapa adab dan juga akhlak istri yang harus dilakukan oleh wanita yaitu hendaklah diam di rumah, jika mempunyai suami yang dapat memenuhi semua kebutuhan perekonomian keluarga, alangkah lebih baiknya sebagai istri diam di rumah hal tersebut tercantum dalam surat Al-Ahzab ayat 33.

Selain itu sebagai istri hendaknya mengutamakan berbagai tugas rumah tangga dan juga ketika berada di depan suami segera berdandan lah agar suami merasa senang saat melihat istrinya.

Sikap lainnya yaitu jagalah kehormatan suami dan jangan sampai bersikap menyebalkan di depan suami. Jika sedang dalam suasana hati yang buruk dan tidak ingin bertemu suami, maka jangan sampai menghindarinya.

 

  1. Saling Terbuka

Dengan menumbuhkan sikap saling terbuka maka akan membuat timbulnya rasa saling percaya antara istri dan suami. Dengan begitu maka suami ataupun istri akan mengetahui kepribadian, kesenangan, kebiasaan dan juga hal yang tidak disukai oleh istri ataupun suami.

 

  1. Bangun Komunikasi yang Baik

Komunikasi merupakan satu hal yang dapat mempengaruhi harmonisnya rumah tangga karena dengan salah komunikasi akan muncul kesalahpahaman yang nantinya memicu pertengkaran. []

Advertisement
Advertisement