July 4, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Cuaca Ekstrim Di Hong Kong Mulai Memakan Korban

1 min read

HONG KONG – Cuaca dingin yang melingkupi Hong Kong mulai hari ini terpantau rata-rata suhu udara berada pada kisaran 10 derajat celcius. Di beberapa tempat, bahkan ada yang mencapai 8 derajat celcius. Akibat dinginnya suhu udara di Hong Kong hari ini, dilaporkan telah memakan korban 8 orang mengalami gangguan Hipotiroid atau hypothermia atau penyakit kedinginan.

Departemen kesehatan Hong Kong merilis informasi sampai dengan pukul 5 petang hari ini (18/12), 3 orang laki-laki dan 5 orang perempuan yang berusia antara 20 hingga 95 tahun diketahui menderita hypothermia akibat suhu dingin yang ekstrim.

Otoritas Hong Kong menganjurkan kepada masyarakat agar selalu menjaga kalori dalam tubuhnya. Di musim dingin, meskipun dalam kondisi tidak beraktifitas, tubuh manusia membutuhkan kalori lebih banyak untuk dibakar supaya suhu badan tetap terjaga dalam kondisi normal.

Gangguan hipotiroid akibat kedinginan, sistematikanya adalah saat tubuh mengalami jumlah kalori yang dibutuhkan lebih banyak ketimbang jumlah kalori yang tersedia. Dampaknya, suhu tubuh akan turun dibawah 35 derajat dan mengakibatkan gangguan serius yang bisa berakibat fatal.

Gangguan serius tersebut bisa berupa terganggunya fungsi gerak organ tubuh termasuk otak, panca indera, sistem syaraf, hingga jantung. Jika tidak segera tertolong, penderita gangguan hipotiroid bisa mengalami kematian.

Hong Kong Observatory mengeluarkan peringatan suhu dingin dan bahaya kebakaran. [Asa/Net]

Advertisement
Advertisement