April 24, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dahsyatnya Manfaat Berbuka Puasa dengan Air Kelapa Muda

4 min read

JAKARTA – Berbuka puasa sebaiknya dengan minuman yang menyegarkan dan menyehatkan, salah satunya dengan air kelapa muda.

Setelah seharian menahan lapar dan haus, tubuh perlu segera mendapat asupan cairan pengganti. Dimana manfaat tersebut bisa didapatkan dari air kelapa.

Tidak hanya itu, mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa ternyata juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Air kelapa didapat dari satu buah kelapa dan dikenal memiliki banyak manfaat. Tidak hanya menyegarkan, jenis minuman yang satu ini juga mengandung mineral yang penting bagi tubuh.

Dikutip dari halodoc.com, kandungan air kelapa muda cukup beragam, mulai dari karbohidrat, protein, serat, mangan, kalium, magnesium, natrium, vitamin C, hingga kalsium.

Berkat kandungan tersebut, minum air kelapa muda saat berbuka bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setelah berpuasa selama berjam-jam.

Lantas, apa saja manfaat yang dapat diperoleh saat mengonsumsi air kelapa muda saat berbuka puasa?

Melansir siloamhospitals.com, berikut beberapa manfaat air kelapa muda bila dikonsumsi saat buka puasa:

 

  1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dan Mineral Tubuh

Air kelapa muda mengandung 95 persen air. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda tetap bisa mendapatkan berbagai varian nutrisi di dalamnya, mulai dari natrium, kalium, protein, vitamin C, karbohidrat, kalsium, fosfor, magnesium, asam amino esensial, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, salah satu manfaat air kelapa muda untuk buka puasa adalah membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

 

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat air kelapa untuk buka puasa yang satu ini sayang dilewatkan oleh penderita diabetes.

Sederet penelitian menunjukkan bahwa air kelapa bisa menurunkan gula darah karena mengandung zat, seperti magnesium, potasium, mangan, vitamin C, dan L-arginin yang berkontribusi dalam meningkatkan sensitivitas insulin.

Bila ingin mengonsumsi minuman manis namun khawatir akan lonjakan gula darah, maka air kelapa muda bisa menjadi pilihannya.

Meski terasa manis, minuman ini mengandung gula alami dengan kandungan kadar gula yang tergolong rendah, sehingga aman dikonsumsi bahkan oleh penderita diabetes.

Meski begitu, Anda sebaiknya meminum air kelapa dalam jumlah yang cukup dan menghindari pemanis tambahan, seperti gula pasir, sirup, atau susu kental manis. Minum air kelapa terlalu banyak dan dengan pemanis tambahan tetap bisa menyebabkan risiko peningkatan gula darah.

 

  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi adalah kondisi yang rentan dialami oleh orang yang sedang berpuasa. Guna mencegah dehidrasi, mengonsumsi air kelapa muda saat buka puasa bisa menjadi cara untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang.

 

Kandungan elektrolit di dalam air kelapa muda juga dapat membantu meredakan mual yang terkadang muncul saat buka puasa.

 

  1. Membuat Tubuh Lebih Segar

Manfaat air kelapa muda untuk buka puasa berikutnya adalah menghilangkan dahaga yang tertahan selama seharian, sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar.

Selain itu, air kelapa muda juga dapat membantu mengembalikan stamina tubuh, sehingga Anda pun bisa kembali berenergi setelah merasa lemas akibat puasa. Hal ini disebabkan karena kandungan karbohidrat pada air kelapa yang berbentuk gula alami.

 

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Selain mengontrol kadar gula darah, manfaat air kelapa muda untuk kesehatan lainnya adalah bisa mengendalikan tekanan darah. Kandungan kalium di dalam air kelapa muda diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik pada penderita hipertensi.

Kalium pada air kelapa membantu ginjal mengeluarkan kadar natrium yang tinggi dari tubuh. Pasalnya, kadar natrium yang tinggi merupakan salah satu penyebab seseorang terkena hipertensi. Kalium juga memengaruhi kesehatan pembuluh darah secara keseluruhan.

Bagi yang ingin mengontrol tekanan darah selama puasa, minuman yang satu ini cocok dikonsumsi di waktu berbuka. Kendati demikian, perlu diingat bahwa air kelapa muda tetap tidak bisa menggantikan obat hipertensi yang telah diresepkan oleh dokter.

 

  1. Menangkal Radikal Bebas dan Mencegah Penyakit

Sebagai salah satu pilihan minuman untuk buka puasa yang sehat, air kelapa muda dapat membantu menangkal radikal bebas. Manfaat ini diperoleh dari sifatnya sebagai antioksidan yang mampu melawan racun serta zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan bisa menyebabkan kerusakan.

Manfaat air kelapa muda untuk buka puasa lainnya adalah membantu mencegah dan meredakan gejala berbagai penyakit. Air kelapa muda dipercaya memiliki banyak khasiat, seperti membantu mengurangi dan mengatasi sembelit, mual muntah, dan rasa gatal pada kulit yang disebabkan oleh penyakit cacar atau penyakit kulit lainnya.

Air kelapa muda memiliki unsur kalium (K) yang tinggi yaitu mencapai 7.300 mg/l. Oleh karena itu air kelapa muda berperan penting dalam meningkatkan frekuensi buang air kencing dan membantu mengeliminasi obat-obat dan antibodi-antibodi lain yang biasanya digunakan pada kasus-kasus infeksi.

 

  1. Menetralkan Asam Lambung

Manfaat air kelapa muda untuk buka puasa berikutnya adalah dapat menetralkan asam lambung. Sering kali, perut terasa perih saat puasa karena dibiarkan kosong dalam waktu yang lama, sehingga memicu naiknya asam lambung.

Bila mengeluhkan hal ini, cobalah minum air kelapa muda saat berbuka untuk menetralkan asam lambung. Dengan begitu, perut akan terasa lebih nyaman.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh saat mengonsumsi air kelapa muda saat berbuka puasa. Semoga bermanfaat. []

Advertisement
Advertisement