June 12, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dapat Menimpa Pria Maupun Wanita, Kebiasaan-Kebiasaan yang Dapat Mengakibatkan Mata Panda

2 min read

JAKARTA – Salah satu kondisi yang sering dialami seseorang adalah mata panda. Hal ini biasanya karena kurang tidur atau istirahat.

Dikutip dari alodokter.com, mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata bisa dialami siapa saja, baik pria maupun wanita.

Kondisi ini ditandai dengan bagian kantung mata yang tampak lebih gelap dari warna kulit wajah. Orang yang memiliki mata panda akan terlihat letih dan lebih tua dari usia sebenarnya.

Mata panda ini sering dikaitkan dengan kondisi kurang tidur. Namun, kurang tidur bukanlah satu-satunya penyebab kondisi ini.

Melansir cnnindonesia.com, berikut beberapa kebiasaan yang menyebabkan sekitar mata menghitam atau mata panda:

 

  1. Sering kucek mata

Kulit di bawah mata adalah bagian wajah yang paling tipis dan sensitif. Kapiler di bawah kulit ini rentan terhadap kerusakan dan kebocoran. Sering mengucek mata jadi salah satu kebiasaan penyebab mata panda.

Jika Anda tidak ingin melihat warna hitam di bawah mata, jangan terlalu sering menggosok atau menarik mata.

 

  1. Kurang tidur

Saat kurang tidur, darah tidak dapat mengalir dengan baik ke area sekitar mata. Akibatnya, darah yang menumpuk di bawah mata bisa terlihat karena kulit di area ini sangat tipis.

Selain mata panda, sebagaimana menukil laman Focus Kimia, kurang tidur juga membuat mata terlihat bengkak dan tampilan wajah menjadi kusam.

 

  1. Terlalu banyak garam dan ‘ngopi’

Konsumsi makanan yang mengandung tinggi garam dan kafein sebelum tidur bisa membuat lingkar hitam di mata makin lebar.

Mengutip berbagai sumber, kadar natrium dan kafein yang tinggi menyebabkan tubuh menahan air. Hal ini membuat kulit di bawah mata jadi bengkak dan membuatnya tampak lebih gelap.

 

  1. Jarang minum air putih

Banyak minum memang baik untuk kesehatan karena berkaitan dengan hidrasi tubuh.

Sebaliknya, kurang minum menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi menyebabkan jaringan di bawah mata menjadi lebih tipis dan menyebabkan pembuluh darah di bawah mata terlihat.

 

  1. Bekerja berjam-jam di depan komputer

Menatap layar komputer sepanjang hari membuat pembuluh darah di sekitar mata lebih tertekan. Efeknya, bagian ini jadi terlihat lebih besar.

Ketika pembuluh darah membesar di sekitar mata, hal ini membuat kulit di sekitarnya terlihat lebih gelap.

 

  1. Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan konsumsi alkohol, juga bisa menyebabkan mata panda. Rokok dan alkohol lama kelamaan bisa membuat aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar.

Hal ini membuat lingkaran di sekitar mata terlihat lebih gelap seperti mata panda. Selain itu, merokok juga dapat memicu rusaknya kolagen yang membuat kulit menjadi kendur dan kusam.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab mata panda. So, Telisikers harus hindari agar penampilan tetap terjaga. Semoga bermanfaat. []

Advertisement
Advertisement