September 18, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Detik Detik Peringatan Kemerdekaan RI ke-76 di Istana Merdeka

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

JAKARTA – Tahun 2021 merupakan tahun kedua bagi bangsa dan negara Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI secara virtual. Peserta upacara yang hadir secara fisik di Istana Merdeka adalah tamu undangan dengan jumlah terbatas. Selain itu, petugas upacara seperti tim pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) dan komandan upacara.

Adapun susunan acara upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang digelar di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (17/08/2021) adalah pada pukul 09.45 WIB, pasukan upacara memasuki lapangan upacara dan dilanjutkan komandan upacara.

“Lalu, para Ketua Lembaga Negara, Menteri Koordinator, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Agama, Sekretaris Kabinet, Panglima TNI dan Kapolri mendahului menuju tempat,” demikian bunyi keterangan itu.

Kemudian, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin memasuki tempat upacara, dilanjuktan penghormatan kebesaran. Setelah itu, laporan komandan upacara kepada Presiden bahwa upacara segera dimulai.

Pada pukul 10.00 WIB, digelar peringatan Detik-Detik Peringatan Detik-detik Proklamasi (tembakan meriam 17 kali, sirene, selama 1 menit). Dilanjutkan dengan pembacaan naskah teks proklamasi oleh Ketua DPR Puan Maharani. Setelah itu mengheningkan cipta dan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Acara dilanjutkan dengan persiapan upacara pengibaran Bendera Negara Sang Merah Putih. Paskibraka memasuki lapangan upacara, dan pengibaran Bendera Negara Sang Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia.

Setelah itu, dilakukan fly pass pesawat TNI AU. Peserta upacara mendengarkan persembahan lagu oleh Gita Bahana Nusantara secara virtual. Ada dua lagu yang dinyanyikan, yaitu Syukur dan Maju Tak Gentar. Selanjutnya, akan ada aksi helikopter TNI AU yang membawa giant flag Merah Putih. Setelah itu, laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara yaitu Presiden Joko Widodo bahwa upacara telah selesai. []

Advertisement
Advertisement