December 10, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Di Filipina Topan Nalgae Reggut 47 Nyawa, Diprediksi Tanggal 1-2 November Mendekati Hong Kong

2 min read

HONG KONG – Banjir bandang dan tanah longsor yang dipicu oleh hujan deras menyebabkan sedikitnya 47 orang tewas. Korban  termasuk di provinsi Filipina selatan yang terkena dampak parah, di mana sebanyak 60 penduduk desa dikhawatirkan hilang dan terkubur dalam banjir air hujan, lumpur, batu dan pohon, pejabat dikatakan.

Sedikitnya 42 orang tersapu oleh banjir dan tenggelam atau terkena tanah longsor yang dipenuhi puing-puing di tiga kota di provinsi Maguindanao, kata Naguib Sinarimbo, menteri dalam negeri untuk wilayah otonomi Muslim.

Lima orang lainnya tewas di tempat lain akibat serangan Badai Topan Tropis Nalgae, yang menghantam provinsi timur Camarines Sur, kata badan tanggap bencana pemerintah.

Namun dampak badai terburuk sejauh ini adalah tanah longsor yang sarat dengan air hujan, batu dan pohon yang mengubur puluhan rumah dengan sebanyak 60 orang di desa suku Kusiong di kota Datu Odin Sinsuat Maguindanao, Sinarimbo mengatakan kepada The Associated Press melalui telepon, mengutip cerita dari warga desa Kusiong, yang selamat dari banjir bandang dan tanah longsor.

Sebelas mayat, sebagian besar anak-anak, digali pada hari Jumat oleh tim penyelamat menggunakan sekop di Kusiong, katanya.

“Komunitas itu akan menjadi titik awal kami hari ini,” kata Sinarimbo, seraya menambahkan bahwa alat berat dan lebih banyak petugas penyelamat termasuk tentara, polisi, dan sukarelawan telah dikerahkan untuk mengintensifkan pekerjaan pencarian dan penyelamatan.

Desa pesisir, yang terletak di kaki gunung, dapat diakses melalui jalan darat, memungkinkan lebih banyak penyelamat dikerahkan pada Sabtu untuk menangani salah satu bencana terkait cuaca terburuk yang melanda selatan negara itu dalam beberapa dasawarsa, katanya.

Diketahui, berdasarkan penginderaan citra satelit, pusaran kepala topan akan berada di dekat Hong Kong sebelum akhirnya diprediksi akan mengarah ke Daratan Provinsi Guang Dong.

Hari ini (29/10/2022), otoritas pemangku cuaca Hong Kong mengumumkan akan memasang peringatan Topan 1 pada Minggu (31/10/2022) hingga Senin (01/10/2022). []

Advertisement
Advertisement