June 16, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dikriminalisasi Karena Bongkar Jaringan TPPO, Kepala BP2MI Berikan Dukungan pada Romo Paschal

2 min read
Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, saat mengunjungi kediaman Ketua Komisi Keadilan Perdamaian dan Pastoral Migran Perantau Keuskupan Pangkalpinang, Chrisanctus Paschalis Saturnus (Foto Kompas)

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, saat mengunjungi kediaman Ketua Komisi Keadilan Perdamaian dan Pastoral Migran Perantau Keuskupan Pangkalpinang, Chrisanctus Paschalis Saturnus (Foto Kompas)

JAKARTA – Para pegiat sosial, aktivis kemanusiaan yang juga Ketua Komisi Keadilan Perdamaian dan Pastoral Migran Perantau Keuskupan Pangkalpinang, Chrisanctus Paschalis Saturnus, mendapat perhatian tersendiri bagi Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Bukan tanpa alasan, sosok yang satu ini dinilai mendedikasikan diri untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Kerja-kerja beliau untuk membela Pekerja Migran Indonesia sangat terasa dan sesuai fakta. Harus kita apresiasi. Spirit tersebut sejalan dengan perjuangan kami di BP2MI. Saya hadir di sini (rumah Romo Paschal), juga sebagai dukungan atas perjuangan kemanusiaan yang dilakukan selama ini, ” ujar Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, Kamis, (30/03/2023).

Menurut Benny, semakin banyak pihak yang care dan mengadvokasi PMI akan membantu pemerintah dalam upaya mencegah anak-anak bangsa dari kejahatan kemanusiaan.

Karena praktek perdagangan manusia yang marak memerlukan campur tangan semua pihak. Benny menyebut konsolidasi untuk melawan sindikat perlu terus dikuatkan.

“Sebagai pemerintah tentu kita bersyukur ada pihak, tokoh masyarakat, pihak-pihak yang peduli terhadap nasib PMI. Termasuk Lembaga yang saya pimpin ini memerlukan sekutu. Bagaimana kita intens mengencangkan konsolidasi dengan masyarakat sipil dalam memerangi sindikat penempatan ilegal PMI. Kerja ekstra yang saya pimpin untuk menghentikan praktek perdagangan manusia juga memerlukan dukungan eksternal, termasuk dari Romo Paschal,” kata Benny.

Politisi partai Hanura itu menilai human trafficking adalah kejahatan kemanusian dan para pelakunya harus dijadikan musuh negara. Merespon kehadiran Kepala BP2MI, Romo Paschal menyampaikan apresiasinya. Romo Paschal menilai pencegahan penempatan PMI yang diberangkatkan secara unprosedural merusak citra pemerintah.

“Mencegah penempatan ilegal PMI bukan hal mudah. Tapi, bagi saya serumit apapun itu sindikat harus kita berantas. Kita boleh ada kejahatan manusia terhadap manusia lainnya di muka bumi ini. Atas nama nilai-nilai kemanusiaan, saya tergerak untuk melawan sindikat. Praktek kejahatan kemanusiaan harus dihentikan,” ujar Romo Paschal, begitu Chrisanctus akrab disapa. []

Advertisement
Advertisement