August 12, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dilantik, Berikut Komposisi Menteri Kabinet Hong Kong yang Baru

1 min read

HONG KONG – Usai pemilu diselenggarakan, pembentukan struktur Pemerintahan Hong Kong terus dilakukan agar roda pemerintahan terus bisa dijalankan. Salah satunya adalah dengan mengisi kursi pejabat kabinet Hong Kong terbaru usai Pemimpin Hong Kong terpilih dan dilantik.

Mengutip isi siaran pers yang dikeluarkan Pemerintah Hong Kong yang sampai ke ApakabarOnline.com kemarin (19/06/2022) petang, mengumumkan jajaran pejabat tinggi dalam kabinet baru Hong Kong pada Minggu, 19 Juni 2022. Kabinet baru ini akan dipimpin oleh pemimpin eksekutif John Lee Ka-chiu yang menggantikan Carrie Lam.

Daftar nama kabinet juga memperlihatkan Eric Chan yang akan menjabat kepala sekretaris, posisi nomor 2 terkuat di bawah pemimpin eksekutif. Sementara Paul Chan, menteri keuangan di era Carrie Lam, tetap mempertahankan jabatannya.

Sejumlah media melaporkan bahwa Presiden Tiongkok Xi Jinping berencana menghadiri seremoni sumpah jabatan John Lee di Hong Kong. Namun sejauh ini belum ada satu pun pejabat senior Tiongkok yang mengonfirmasi rencana tersebut.

Para pejabat baru Hong Kong akan mengucapkan sumpah jabatan pada 1 Juli mendatang. Momen pelantikan bertepatan dengan peringatan 25 tahun diserahkannya Hong Kong dari pemerintah kolonial Inggris kepada Tiongkok.

Sementara itu, Hong Kong berada dalam status waspada tinggi di saat jumlah kasus Covid-19 melonjak di atas 1.000 dalam beberapa hari terakhir. Meski mengkhawatirkan, belum ada tanda-tanda pengetatan aturan menjelang pelantikan kabinet baru.

Kebijakan penanganan Covid-19 di Hong Kong merupakan salah satu yang terketat di dunia. Hong Kong terus melakukan tes massal secara berkala kepada puluhan ribu warganya, dan semua warga asing yang masuk ke kota semi-otonom itu diwajibkan menjalani karantina hotel selama satu pekan. []

Advertisement
Advertisement