January 31, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Enam Pekerja Migran Menjadi Korban Kebakaran di Taichung

2 min read

HONG KONG – Enam pekerja migran dilaporkan terluka karena kebakaran yang terjadi di asrama pekerja di Taichung pada Selasa tengah malam, 10 Januari 2023.

Diduga kebakaran terjadi karena korsleting listrik saat pengisian daya pada sepeda listrik milik para pekerja migran tersebut.

Dalam kebakaran tersebut, selain korban luka-luka juga menyebabkan terbakarnya 10 kendaraan yang sedang terparkir.

Seorang pekerja migran yang menjadi korban dalam kebakaran tersebut dilaporkan menderita luka bakar tingkat dua saat melarikan diri.

Menurut media lokal, insiden tersebut terjadi di gedung tiga lantai dengan tambahan lantai empat yang terbuat dari besi lembaran untuk dijadikan asrama pekerja migran di Distrik Dajia.

Biro Pemadam Kebakaran Taichung mengatakan bahwa mereka menerima laporan pada pukul 23:39. tentang dugaan kebakaran skuter dan mengirim 11 mobil pemadam kebakaran, empat ambulans, dan 33 petugas pemadam kebakaran ke tempat kejadian.

Menurut catatan, ada 47 pekerja migran tinggal di asrama tersebut yang di antaranya dilaporkan sudah tidur pada saat kebakaran.

Hingga saat ini belum ada laporan resmi apakah pekerja migran dari Indonesia turut menjadi korban dalam musibah kebakaran tersebut.

Api berhasil dipadamkan dalam waktu 20 menit. Pihak berwenang masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut, meskipun mereka menduga penyebabnya adalah sepeda listrik yang sedang mengisi daya. Secara total, delapan sepeda listrik dan dua skuter hancur dalam kebakaran itu.

Menurut catatan SPA, sebuah organisasi non-pemerintah untuk pekerja migran di Taiwan, yang terbit pada Februari 2022, selama kurun waktu 2 tahun, setidaknya ada 11 pekerja migran tewas dalam musibah kebakaran yang terjadi di asrama pekerja yang berada di sekitar pabrik, tempat yang ditinggali para pekerja.

Kondisi tersebut membuat para aktivis lokal menyerukan Kementerian Ketenagakerjaan Taiwan (MOL) untuk membuat regulasi soal tempat tinggal terpisah dari lingkungan pabrik bagi pekerja migran bidang industri. []

Advertisement
Advertisement