August 1, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Gara-Gara Proses Disinfektasi yang Dilakukan “Sembarangan”, Kamar Hotel yang Usai Digunakan Seorang PMI Positif Corona Memakan Korban

1 min read
Bridal tea house hotel (Foto Istimewa)

Bridal tea house hotel (Foto Istimewa)

Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG – Sebuah temuan yang membuat satgas corona bekerja keras dalam beberapa hari belakangan salah satunya adalah ditemukannya seorang cleaning service hotel positif terinfeksi virus corona varian mutan.

Hasil penelusuran yang dilakukan satgas akhirnya merujuk pada satu kesimpulan, cleaning service yang terpapar dipastikan tertular dari seorang PRT asal Indonesia yang menjalani karantina di hotel tempatnya bekerja, persisnya di kamar 503 Bridal Tea House Hotel.

PRT Asal Indonesia tersebut dinyatakan positif terinfeksi corona varian mutan pada 29 Juni 2021.

Pakar Mikro Biologi Hong Kong, Professor Kwok-Yung Yuen yang dalam keterangannya kemarin (02/07/2021) menyampaikan, proses disinfektasi di kamar tersebut hanya berlangsung kurang dari 10 menit, persisnya hanya 9 menit.

Padahal seharusnya, proses disinfektasi harus dilakukan sekurang-kurangnya 15 menit hingga 30 menit.

Karena proses disinfektasi yang dilakukan sembarangan, usai didisinfektasi, petugas cleaning service yang akan membersihkan kamar dalam waktu tidak lama setelah melakukan pekerjaannya di kamar tersebut langsung terpapar. []

Advertisement
Advertisement